Wujudkan Kampung Nila, Pemkab Lampura Tinjau Petani Ikan

Lampung Utara – Wujudkan kampung Nila, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) melalui Dinas Perikanan meninjau sejumlah kolam ikan milik masyarakat di Desa Sido Kayo Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten setempaT, Selasa (22/10/2019).

Kepala Dinas perikanan Lampura, Sanny Lumi dalam kunjungannya sekaligus melakukan dialog bersama masyarakat Sido Kayo yang melakukan budidaya ikan air tawar jenis Nila.

“Kegiatan turun ke Desa Sido Kayo ke kolam pak Agus ini, merupakan salah satu cara untuk mengetahui kendala yang dihadapi para petani ikan di Lampung Utara,” ungkap Sanny.

Selaku Kepala Dinas Perikanan yang baru beberapa Minggu ini menjabat, Sanny berjanji akan memperhatikan para petani dan kelompok tani ikan khususnya dalam pengadaan benih ikan.

“Program kami kedepan akan mendongkrak koperasi perikanan dan Dinas perikanan juga akan tetap fokus pada Balai Benih Ikan yang nantinya akan meningkatkan jumlah benih ikan nila, sehingga nantinya Lampung Utara tidak akan kekurangan benih ikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sido Kayo, Agus Saripudin merasa senang atas hadirnya Kepala Dinas Perikanan ke desanya, dalam pertemuan tersebut Agus menjelaskan bahwa di desanya akan berupaya mewujudkan kampung Nila.

“Di desa kami, kolam masyarakat sudah mencapai 150 petak yang rata-rata melakukan budi daya pembesaran ikan Nila, mengingat harganya dipasaran cukup baik mencapai 19 ribu rupiah perkilonya terima bersih di kolam,” terangnya.

Menurut Agus, untuk memastikan pertumbuhan ikan berjalan normal, harus rutin memberi pakan dan setiap 4 bulan sekali dapat dipanen.

“Ya seperti kemarin di desa kami baru saja panen ikan Nila, Alhamdulillah bisa mencapai tiga ton, pencapaian ini merupakan hasil budidaya selama empat bulan,” ujarnya. (Hapidz)