by

Akibat Pedangkalan Saluran Kali di Blanakan, Banjir Intai Warga

-Lainnya-54 views

Subang, kabarsebelas.com – Pendangkalan dan penyempitan sejumlah saluran sekunder di Pantura Kecamatan Blanakan, kabupaten Subang, Jawa barat kian parah dengan kondisi tersebut banjir intai warga Blanakan. Kamis (31/10/19).

Salah satunya saluran pembuangan air, alami pendangkalan dan penyempitan yakni saluran pembuang kalen bawah Kondisinya kini sangat memprihatinkan.

Di sepanjang daerah aliran ini tak terawat dipenuhi rerumputan pendangkalan atau sedimentasi dan penyempitan terjadi bertahun tahun terakhir, ini di sebabkan maraknya sampah di sepanjang saluran air. Selain itu akibat alih fungsi lahan menjadi lahan pertanian di sepanjang daerah aliran sekunder yang terjadi di wilayah ini.

Akibat pendangkalan aliran kali pembuang ketika musim hujan banjir intai pemukiman warga sertafasilitas umumlainya seperti sekolah dan hektare area pertanian terendam banjir.

Haerudin warga sekitar mengatakan dengan terjadinya pendangkalan dan penyempitan saluran sekunder atau saluran pembuangan ini yang tejadi bertahun tahun hingga kini tak kunjung dilakukan normaliasi sehingga ketika memasuki musim penghujan warga khawatir banjir akan tejadi kembali seperti beberapa tahun lalu. ”Kami sangat khawatir banjir akan terjadi seperti beberapa tahun lalu,“ ujar Haerrudin.

Di tambahkan Haerudin, kerusakan daerah sepanjang aliran pembuangan air di daerah ini butuh perbaikan bertahap berupa pengerukan atau normalisasi dan pembuatan tembok penahan tanah.

Untuk itu dengan kondisi saluran kalen bawah alami pendangkalan dan penyempitan, beharap Pemerintah setempat segera mengusulkan normalisasi saluran sekunder kepada pihak terkait agar ancaman banjir yang kerap terjadi di wilayah ini tidak terus terjadi,” Jelas Haerudin. (Ahd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed