by

Konsumsi Kangkung Dapat Mencegah Bau Mulut Anda

Kabarsebelas.com – Sayuran hijau yang mudah didapat di pasaran ini ternyata memiliki nama latin Ipomoea Aqatica yang pada awalnya berasal dari India, kemudian menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, China Selatan, Australia, dan Afrika. Sama seperti sayuran lain, kangkung juga mengandung beberapa zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari zat besi, beberapa vitamin hingga serat yang melimpah.

Untuk mendapatkan manfaat semua zat-zat gizi yang ada di dalam kangkung Anda perlu memerhatikan pengolahannya. Proses pemasakan yang terlalu lama akan membuat kangkung cepat berubah warna dan menyebabkan beberapa kandungan gizinya rusak. Dengan pengolahan yang tepat, zat-zat gizi dalam kangkung bisa memberikan menfaat seperti:

Membantu pembentukan sel darah merah
Dalam 100 gram kangkung, terkandung 2,5 mg zat besi. Zat besi dibutuhkan tubuh untuk membantu pembentukan sel darah merah. Tambahkan makanan sumber protein hewani, agar kebutuhan zat besi semakin terpenuhi.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Karena kandungan vitamin C pada kangkung terbilang cukup banyak, maka Anda bisa menjadikan kangkung sebagai alternatif sumber vitamin C alami selain buah-buahan. Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan, sehingga Anda tak mudah terserang bakteri atau virus pembawa penyakit.

Mencegah sariawan dan gusi berdarah
Selain meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan vitamin C dalam kangkung juga membantu mencegah sariawan dan gusi berdarah.

Membuat tidur lebih nyenyak
Kangkung memiliki sifat menenangkan sehingga sering dikatakan sebagai penyebab kantuk. Selain itu, kangkung juga mampu mengendurkan saraf yang bisa membuat Anda lebih relaks. Hal ini karena kandungan al seperti seng dan selenium di dalam kangkung. Di dalam tubuh, zat-zat ini bisa mengendurkan saraf-saraf kita, sehingga Anda akan lebih mudah tidur dan terhindar dari insomnia.

Mencegah bau mulut
Kangkung mengandung minyak esensial yang ternyata bisa mengurangi bau mulut yang tak sedap. Manfaat ini bisa Anda dapatkan bila kangkung diproses dengan cara yang benar.(Red)

 

Naskah: Health

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

News Feed