Karawang Keren Tanpa Kumuh

Karawang, kabarsebelas.com – Umuh Buat meningkatkan kolaborasi, partisipasi dan keberlanjutan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Askot Kotaku Mandiri bersama Pemkab Karawang dimotori oleh Sekda Karawang menggelar Eksibition Kotaku, di Plaza Pemkab Karawang, Jawa Barat. Jumat (08/11/2019).

Kegiatan yang mengambil tema ‘Karawang Keren Tanpa Kumuh, itu dihadiri oleh berbagai elemen terkait untuk terus meningkatkan keberlanjutan Kotaku di Kabupaten Karawang.

“Kepala Dinas PRKP H Ramon Wibawalaksana menjelaskan didepan seluruh ASN Karawang bahwa Program Kotaku dilaksanakan sebagai upaya untuk membangun Platform kolaborasi Pmda sebagai Nakhoda dalam upaya pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh, dan kegiatan ini bertujuan buat pemahaman tentang program Kotaku,” ujar Askot Mandiri Kotaku Kabupaten Karawang, Deden Dedy Tardiyo.

Kegiatan yang mengambil tema ‘Karawang Keren Tanpa Kumuh, itu dihadiri oleh berbagai elemen terkait untuk terus meningkatkan keberlanjutan Kotaku di Kabupaten Karawang.

Dikatatakan, dengan terbangunnya kolaborasi maka akan terjadi keterpaduan antara sektor untuk bersama-sama bergerak mencapai sasaran pembangunan kawasan permukiman khususnya terwujudnya kota tanpa kumuh pada tahun 2019. Langkah penting dalam kolaborasi adalah dengan menempatakan Pemerintah Daerah sebagai “Nakhoda”, masyarakat sebagai “pelaku utama pembangunan”.

“Pemerintah daerah dan pelaku-pelaku strategis memiliki akses ke berbagai pihak untuk bersama-sama membangun daerahnya,” katanya.

Menurutnya, potensi besar ini akan menjadi kekuatan yang besar pula bila mampu bekerjasama dengan baik, dengan fasilitasi konsultan pendamping, yaitu tim korkot dan fasilitator yang terlatih, berpengalaman dan profesional.

“Dengan kegiatan ini diharapkan menjadi titik awal berjalannya program melalui kolaborasi berbagai pihak dan berkelanjutan di Kabupaten Karawang,” harapnya. (Amoy)