Minum Kopi Berlebihan Bisa Menyebabkan Kecemasan

Kabarsebelas.com – Kopi merupakan salah satu minuman terpopuler di dunia. Setiap harinya ada sekitar 400 milyar cangkir kopi yang dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Saat berkumpul bersama kerabat atau pertemuan bisnis, hingga menghabiskan waktu di sore hari, banyak orang yang memilih kopi untuk menemani kegiatan mereka tersebut. Masyarakat Indonesia juga memiliki budaya berbincang sambil minum kopi. Dari sekian banyak minuman, kopi dianggap spesial dengan rasa dan aromanya yang khas.

Kopi bukan sekadar minuman biasa, kopi dapat memengaruhi kesehatan Anda, seperti berikut ini.

1. Kopi dapat menurunkan risiko diabetes

Kopi mengandung magnesium dan kromium, yang dapat membantu tubuh dalam penggunaan insulin untuk mengontrol gula darah Anda. Tetapi tentu saja, manfaat tersebut bisa Anda dapatkan bila Anda tidak menambahkan gula pada kopi yang Anda nikmati. Untuk menambahkan rasa, Anda bisa menambahkan susu rendah lemak. Konsumsi dua cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe dua pada tubuh Anda.

2. Dapat menurunkan risiko kanker hati

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Milan’s Instituto di Ricerche Farmacologiche Mario Negri, Italia, menemukan bahwa konsumsi tiga cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko kanker hati hingga 50 persen.

3. Kopi dapat melindungi jantung

Minum kopi dua cangkir sehari dapat melindungi diri Anda dari penyakit jantung. Kopi telah terbukti dapat melancarkan peredaran darah. Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health.

4. Antidepresi

Masih berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health pada tahun 2011, kopi dapat menurunkan risiko depresi sebanyak 20 persen. Kafein dalam kopi dipercaya dapat menghambat efek yang ditimbulkan oleh adenosine pada saraf dopamin di dalam otak, yang mengakibatkan berkurangnya depresi. Aroma kopi juga dianggap dapat menenangkan perasaan seseorang. Konsumsilah tiga cangkir kopi sehari untuk mendapatkan manfaat antidepresi.

5. Dapat menyebabkan kecemasan

Konsumsi kopi dengan jumlah yang cukup memang dapat menurunkan risiko depresi. Tetapi konsumsi kopi yang berlebihan justru dapat meningkatkan kecemasan dalam diri Anda. Kafein dalam kopi dapat membuat tidur Anda terganggu, yang dapat berakhir dengan rasa cemas yang berlebihan.

6. Banyak dikonsumsi oleh atlet profesional

Atlet profesional banyak yang memanfaatkan kafein dalam kopi untuk meningkatkan kemampuan mereka. Kopi dapat memberikan tambahan energi karena adanya peningkatan asam lemak yang bersirkulasi di dalam darah. Hal tersebutlah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina para atlet sepanjang aktivitas olahraga mereka. (Red)

Article By Bebby Sekarsari