by

Soal Pencemaran Sungai Cigareteg dan Cibeet, PT. Pindo Delli 3 Sudah Diberi Sangsi Oleh KLH

Karawang, Kabarsebelas.com – Dugaan pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT. Pindo Delli Pulp and Paper Mills 3 dengan membuang limbah hasil produksinya ke sungai Cigareteg dan Cibeet, Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) sudah di memberikan sangsi admintrasi berupa paksaan pemerintah.

Dalam tahapan Undang Undang 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup jika ada yang melanggar ada empat tahap sangsi yang dilakukan oleh Pemerintah, yang pertama teguran tertulis, yang ke dua paksaan pemerintah, yang ke tiga pembekuan izin, dan yang ke empat adalah pencabutan izin.

“Sementara PT Pindo Delli 3 sekarang sudah di berikan sangsi oleh KLH berupa paksaan pemerintah,”Ujar Wawan Setiawan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, Kamis (14/11/2019)

Surat paksaan pemerintah yang di keluarkan oleh KLH kepada PT Pindo Delli 3 dengan Surat Keputusan SK 6815/MenLHK-PHLHK/PPSA/GKM.0/8/2019 tanggal 15 Agustus 2019 yang di tandatangani oleh Dirjen Penegakan Hukum KLH atas nama Mentri LH.

“Dimana intinya air limbah itu tidak boleh di buang ke Sungai Cigaretg,”kata Wawan

Karena penanganan pencemaran sungai Cigareteg dan Cibeet sudah di tangani KLH, maka DLHK Karawang tidak bisa menutup, namun, DLHK Karawang memberikan surat penguatan paksaan pemerintah yang di keluarkan DLHK tanggal 14 November 2019.

“Karena PT Pindo Delli 3 ketika di beri sangsi masih tetap melakukan pencemaran ke sungai Cigareteg, kita memberikan surat penguatan ke KLH,”katanya

Apabila tidak ada niatan baik dari PT Pindo Delli 3 untuk memperbaiki apa yang sudah di tegur oleh KLH, sangsinya akan dinaikan menjadi pembekuan izin.

“Jika masih tetapbmelanggar lagi maka sangsinya akan dinaikan menjadi pembekuan izin, kita hanya menyampaikan laporan kepada LHK terkait pelanggaran pelanggaran yang masih dilakukan oleh PT Pindo Delli 3 berdasarkan hasil dari uji Laboratorium,”katanya

Memang PT. Pindo Delli 3 sempat memberikan laporan progres hasil perbaikan, namun, kenapa kemarin masih membuang kembali limbah ke Sungai Cigareteg.

“kita secara adminitrasi terus melaporkan ke Kementrian LH,”pungkasnya.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed