by

Zaki Hilmi : Petahana Mencalonkan Kembali di Pilkada, ASN Rawan Politik Praktis

-Politik-103 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Komisioner Bidang Pengawasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat Zaki Hilmi mewanti wanti ASN ikut politik praktis ketika petahana maju kembali mencalonkan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

“Apabila petahana maju kembali di pilkada serentak, mobilisasi ASN rawan politik praktis,”Ujar Zaki Hilmi, Komisioner Bawaslu Jawa Barat, usai membuka acara media Gathering Sabtu (23/11/2019) di Hotel Grand Citra, Karawang.

Menurut Zaki, pihaknya sangat mengantisipasi keterlibatan ASN dalam Pilkada serentak nanti di tahun 2020, apalagi para petahana hampir semuanya maju kembali mencalonkan.

“keterlibatan ASN sangat riskan di Pilkada, karena irisannya memiliki kepentingan langsung dengan petahana,”tegas Zaki

Kemudian sebelum terjadi keterlibatan ASN dalam politik praktis nanti, pihaknya akan mengantisipasi terjadinya mobilisasi ASN dalam politik praktis di Pilkada serentak baik secara langsung maupun dengan media sosial.

Dengan cara melakukan patroli media sosial, itu salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya keterlibatan ASN dalam mendukung salah satu calon. Karena banyak terjadi postingan postingan ASN di media sosial yang mendukung salah satu calon. Di Pilpres dan Pileg kemarin pihaknya banyak menemukan pelangaran pelanggaran yang dilakukan oleh ASN lewat media sosial.

“Karena lewat medsos dukungan itu dilarang, ketika ASN ikut kampanye atau mendukung salah satu calon lewat sarana medsos yang dimiliki ASN,”terangnya

Untuk sangsi sendiri ia menyerahkan kepada Komisi ASN sendiri.

“untuk sangsi nanti komisi ASN yang memberikan sangsi,”jelasnya

Ia pun berharap agar para ASN, TNI, dan Polri untuk selalu menjaga netralitas jika petahana kembali maju pada Pilkada serentak nanti 2020.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed