by

Pemda Mengambil Alih Dengan Paksa Pasar Cikampek 1 dari Tangan PT ALS

-Lainnya-213 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Bupati Karawang Cellica Nurachadiana di dampingi Sekertaris Disperindag, Kepala Satpol PP, dan Kepala Dishub Kabupaten Karawang, Polsek Cikampek,  Danramil, serta Camat Cikampek, mendatangi pasar Cikampek untuk mengambil paksa pengelolaan pasar Cikampek 1 dari tangan PT ALS.

Bupati Karawang Cellica Nurachadian memberikan pemahaman kepada para pedagang pasar Cikampek 1 bahwa pengelolaan pasar Cikampek 1 mulai hari ini Senin 25/11/2019 untuk pengelolaan diambil alih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang.

“Hari ini kita melaksanakan putusan dari Mahkamah Agung terkait pemindahan pengelolaan pasar Cikampek kepada Pemda dan PT Celebes sudah menyerahkan kepada Pemda untuk pengelolaannya,”tegas Cellica kepada awak media, Senin 25/11/2019 usai mensosialisasikan kepada para pedagang pasar Cikampek.

Sebenarnya kata Cellica, hasil putuasn MA tidak langsung di eksekusi oleh Pemda Karawang. Ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh Pemda kepada PT ALS yaitu dengan memberikan surat teguran hingga tiga kali namun, tidak di indahkan oleh PT ALS.

“Karena surat kami tidak di respon, ya kami ambil paksa, dan yang bersangkutan harus meninggalkan tempat ini,”jelasnya

Lanjut Cellica ini sudah menjadi keputusan Pemda dan PT ALS harus keluar dari pasar Cikampek. Karena, hasil putusan MA bukan PT ALS yang mengelola.

“Karena yang di rugikan adalah masyarakat yaitu para pedagang,”katanya

Persoalan ini bukan sebentar kata Cellica yaitu bertahun tahun jadi jika Pemda tidak pernah melakukan komunikasi dengan PT ALS itu salah.

“Persoalan ini bukan sebentar, kita sudah surati dan panggil tapi tidak di respon,”katanya lagi

Kemudian Cellica menegaskan, hingga satu bulan kedepan, pedagang hanya bisa iuran K3 (keamanan, ketertiban dan kebersihan). Selain itu, para pedagang Pasar Cikampek 1 dibebaskan dalam bentuk pungutan apapun.

“Tidak ada retribusi kecuali menyangkut K3,” tegasnya.

Terkait teknis dan persoalan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) Bupati Cellica menyerahkan kepada plt Kepala Disperindag Rahmat Gunadi.

Gunadi juga menyampaikan, agar para pedagang untuk bersabar karena persoalan ini terlalu menumpuk. Kemudian kata Gunadi bahwa BPN sedang mengukur luas pasar ini untuk pembuatan SHGB nantinya.

“Hari ini yang penting ada legitimasi kita untuk bisa mengambil alih penguasaan pasar cikampek. Hari ini murni 100 persen hak Pemda pengelolaannya,”pungkasnya.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed