Tega! SMK LB Karawang Diduga Tahan Ijazah Siswa Kurang Mampu

ilustrasi

Karawang, KabarSebelas.com – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Lentera Bangsa (LB) Karawang diduga telah tega menahan ijazah salah seorang siswanya hanya karena belum mebayar biaya tunggakan sebesar Rp 5.500.000, Selasa (3/12/2019).

Kejadian yang sudah mencoreng dunia pendidikan itu menimpa IW warga Desa Rengasdengklok Utara, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Rani ibu kandung IW yang kesehariannya hanya berjualan sayuran keliling ini mengatakan, bukan tidak mau mebayar biaya tunggakan sekolah putri tercintanya itu.

Hanya saja, kata dia, keuntungan berjualan sayuran setiap harinya Rp 30.000 sampai 40.000 hanya cukup untuk kebutuhan makan, itu pun kalau jualannya habis.

Persoalan ekonomi itu yang membuat keluargan kurang mampu ini tidak mampu untuk membayar tunggakan biaya sekolah IW yang baru lulus sekolah tahun 2019 ini.

“Jangankan untuk bayar tunggakan sekolah, untuk sehari-hari saja ibu kesulitan.Apa lagi rumah ibu sudah seperti ini,” kata Rani dengan raut wajah sedih.

Dirinya mengaku sempat mendatangi SMK Lentera Bangsa Karawang untuk mengambil ijazah anaknya, namun sia-sia lantaran pihak sekolah malah meminta tandatangannya sebagai bukti pernyataan bahwa ijazah IW dapat diambil bila semua hutangnya lunas.

“Saya sudah datang ke Sekolah SMK Lentera Bangsa untuk mengambil ijazah anak saya, tapi pihak sekolah tidak memberikan, malah saya disuruh tandatangan diatas materai,” ujar Rani. (daman/red)