by

23 Pencaker Ketipu Oknum Penyalur Kerja Fiktif Bekasi

-Hukrim-62 views

Bekasi, Kabarsebelas.com – Sebanyak 23 pencari kerja (Pencaker) yang berasal dari Karawang, Jakarta, Indramayu dan Cilacap, tertipu oknum penyalur kerja fiktif asal Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, di media sosial. Bahkan puluhan pencaker yang tertipu tersebut merugi hingga Rp 115.900.000.

Kapolsek Pebayuran, AKP Asep Romli mengungkap kasus penipuan dengan modus lowongan kerja fiktif di media sosial itu. Pihaknya berhasil menangkap pelaku berinisial AG, sedangkan rekannya yang berinisial JN tengah menjadi target operasi (TO).

“Satu tersangka lain berinisial JN masih dalam pengejaran petugas,” kata AKP Asep Romli kepada wartawan di Polsek Pebayuran, Senin (9/12/2019).

Hasil pengakuan AG, kata dia, dalang kasus yang tengah ditanganinya ini ialah JN. JN mengajak AG untuk merekrut para pencaker dengan modus memasang info lowongan kerja di media sosial.

“Korban yang ingin bekerja dimintai uang rata-rata senilai Rp 5 juta, namun setelah menunggu beberapa lama para korban tidak kunjung mendapatkan pekerjaan,” ujar AKP Asep Romli.

Bahkan, dijelaskan AKP Asep Romli, AG dan JM sampai nekat melakukan tes medis. Parahnya lagi, AG dan JM pun sampai membuat kontrak kerja seolah-olah para pencaker yang tertipu itu telah diterima bekerja di salah satu perusahaan.

Akibat perbuatannya, sekarang AG sedang mendekam di jeruji besi Polsek Pebayuran. AG dikenakan pasal 378 dan 372 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun bui. (vzay)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed