by

Sungai Cicengkong Purwasari Di Duga Tercemar Limbah Industri

Karawang, Kabarsebelas.com – Sungai Cicengkong di Desa Sukasari Kecamatan Purwasari diduga tercemar limbah industri. Pasalnya, selama 5 hari kebelakang warna sungai berubah hitam pekat. Sungai yang tak jauh dari pemukiman warga itu mengeluarkan aroma yang tak sedap.

Salah seorang warga Desa Sukasari, Warman (45) mengaku sudah 5 hari sungai Cicengkong mengeluarkan bau yang tak sedap dan warnanya berubah hitam.

“Sebelumnya warna sungai belum pernah berubah warna hitam pekat. Malah tidak jarang air sungai tersebut di manfaatkan untuk mandi dan cuci pakaian bahkan kadang ada juga warga yang memanfaatkannya untuk wudhu saat hendak melaksanakan sholat di Masjid yang ada disekitar lokasi,” ujar Warman, Selasa (10/12).

Namun, saat ini sudah tidak bisa lagi karena airnya kotor dan berbau akibat tercemari limbah yang sampai saat ini belum di ketahui sumbernya dari mana.

Melihat kejadian tersebut Warman kemudian menyampaikan hal tersebut pada Paguyuban Purwasari Bersatu (PUBER) yang kemudian di tanggapi oleh pengurus PUBER.

Salah seorang pengurus PUBER, Yayan Bastian mengatakan, setelah mendapat kabar adanya sungai Cicengkong Desa Sukasari Kecamatan Purwasari yang tercemar limbah, kemudian pihaknya dengan beberapa rekan dari Paguyuban PUBER langsung bergerak ke lokasi untuk meninjau secara langsung, dan ternyata benar bahwa kondisi sungai tersebut dalam keadaan kotor dan berwarna hitam pekat dan juga mengeluarkan bau yg tidak sedap.

“Setelah itu kami segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Pembina Desa setempat baik itu dari TNI (Sertu. Agus) dan pembina Polri (Bripka. Abdurrohim) juga kepada anggota Satpol PP Kecamatan Purwasari (Darim) dan meminta agar kasus tersebut di tindak lanjuti,” katanya.

Ia menambahkan, semua pihak yang dihubungi sangat merespon baik dan menindaklanjuti laporan tersebut dan tidak lama kemudian pihak Polsek Purwasari Aiptu. Ferdinan Eka Putra (Kanit Reskrim Polsek Purwasari) bersama anggotanya dengan di dampingi anggota Satpol PP tiba di lokasi untuk cek TKP.

“Warga berharap pihak berwajib segera menangani adanya kejadian tersebut agar sungai tersebut kembali bersih dan dapat di manfaatkan kembali oleh warga,” katanya. (Amoy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed