Ribuan ASN Karawang di Tes Urine

Karawang, Kabarsebelas.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang bersama Badan Narkotika Nasional Karawang (BNNK) melalukan tes urine terhadap ribuan aparatur sipil negara (ASN) dilingkungan Pemkab Karawang untuk mengetahui mereka bebas dari pengaruh Narkotika dan obat berbahaya.

Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang, Asep Aang Rahmatullah, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa para pejabat dan aSN cinta hidup sehat dan bebas dari Narkoba.

Kegiatan tes urine ini melaksanakan amanat Peraturan Daerah (Perda) nomor 9 tahun 2011 tentang P4GN dan prekusor dalam pasal 18 mengharuskan ASN dan calon pegawai termasuk BUMD dan Dewan melakukan tes urine.

“Jika ada ASN yang kedapatan positif menggunakan zat adiktif seperti narkoba dan sejenisnya, bisa terkena sangsi terberatnya adalah pemecatan, sesuai PP nomor 53,” ujar Kepala BKPSDM Kabupaten Karawamg Asep Aang Rahmatullah, saat diwawancarai JabarNet dikantornya, Senin (16/12/19).

Adapun jumlah ASN yang mengikuti tes urine sebanyak 2089 orang yang terdiri dari eselon 2,3 dan 4 plus pelaksana.

Lanjut Aang, pihaknya mengemas kegiatan tes urine dengan acara pembinaan ASN pada hari rabu dan para pejabat ASN tidak tau jika kegiatan tersebut dibarengi dengan tes urine.

“Hari ini adalah sisanya, pada rabu kemarin kita kemas kegiatan dengan acara pembinaan ASN, jadi mereka tidak tahu kalau hari rabu itu ada tes urine,” katanya.

Disinggung apakah sejauh ini ada ASN yang terindikasi atau positif memggunakan narkoba, Asep Aang tegas menjawab, sejauh ini belum ada satupun ASN yang kedapatan positif menggunakan narkoba.

“Kalau dari hasil yang sudah melakukan tes pada hari rabu kemaren dipastikan tidak ada satupun yang menggunakan narkoba dan saya yakin kalau ASN di Karawang ini tidak ada yang menggunakan narkoba walaupun yang bisa menjamin hal itu adalah pribadinya masing-masing,” tandasnya. (red)