by

Stafsus Presiden RI Kunjungi Kampung Tin Majalaya

-Ekbis-78 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Staf khusus Presiden RI, Aminudin Ma’ruf mendatangi kampung tin di Desa Majalaya, Kecamatan Majalaya Karawang, Sabtu 4 Januari 2020.

Sekira pukul 16:30 Wib, Aminudin Ma’ruf sampai di kampung Tin disambut oleh pengelola Agathis T Farm, Abdul Halim seorang pemuda yang mengelola tanaman Tin di Desa Majalaya. Hadir juga Kapolsek Majalaya, Babinsa, Kepala Desa, Dekan Fakultas Pertanian Unsika, dan para pengamat pertanian di Karawang.

Menurut Aminudin, salah satu konsen Pemerintah saat ini, bagaimama para anak anak muda hebat bisa mewujudkan wilayahnya masing masing lewat lokal preneur.

Indonesia saat ini kata Amin memang punya masalah karena dahulu penduduk indonesia tinggal di desa sekarang menjadi urban ke kota.

“Penduduk Indonesia secara demografi tinggal di kota, ada dua faktor yaitu arus urbanisasi dan perubahan status wilayah,”kata Aminudin saat menyampaikan di kampung Tin, Desa Majalaya, Kecamatan Majalaya Karawang.

Menurut Amin, yang masalah saat ini adalah arus urbanisasi dimana anak anak muda yang punya potensi hijrah ke kota untuk memperbaiki ekonomi.

“Tapi saya sangat bangga dengan anak anak muda di Desa Majalaya mau mengembangkam potensi yang ada di desanya, ini harus menjadi contoh buat desa desa lain di Karawang,”jelasnya

Pasalnya kata Amin, dirinya di beri tugas oleh Presiden, bagaimana anak anak muda mengembangkan potensinya di desa masing masing dengan berinovasi. Namun hal tersebut juga harus di dukung dari semua sektor baik dari pemerintahan desa dan pemerintah kabupaten.

Dirinya juga akan menyampaikan kesemua pihak terkait baik itu dinas pertanian, pemerintah daerah, baik kepada pemerintah pusat tentang apa yang menjadi kesulitan teman teman Agathis T Farm tentang pengembangan usaha di bidang pertanian tersebut.

Menurut Abdul Halim pengelola tanaman Tin di Desa Majalaya, kesulitannya adalah soal birokrasi yaitu perizinan baik itu tentang izin BPOM dan izin ekspor serta karantina bibit ketika mau di jual ke luar kota.

“Saya minta tolong kepada stafsus Presiden agar perizinan untuk usaha kami di permudah,”katanya

Perlu di ketahui Agathis T Farm Desa Majalaya selain menjual bibit tanaman tin, juga menjual buah tin serta mengolah tanaman tin menjadi sebuah minuman.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed