by

Ratusan Nelayan Siap ke Natuna, Bantu TNI Jaga Kedaulatan NKRI

-Lainnya-123 views

Nasional, Kabarsebelas.com – Aliansi Nelayan Indonesia (ANNI) pekan depan siap bertolak ke lautan Natuna untuk membantu TNI menjaga kedaulatan NKRI. Aksi yang menyulut ANNI ini dilatarbelakangi pasca kapal-kapal asing dari China melanggar ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) Indonesia di laut Natuna.

Ketua Umum ANNI, Riyono mengatakan, tak tanggungtanggung ada sekitar 500 kapal nelayan berukuran besar di atas 100 GT yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur meiputi Tegal, Pati, Rembang, Brebes, Lamongan, hingga Madura, siap bertolak ke lautan Natuna.

“Kita siap berangkat pekan depan ke Natuna. Selain melakukan penangkapan ikan, sekaligus menjadi mata-mata negara dalam rangka mengamankan batas teritorial NKRI,” katanya kepada awak media, Selasa (7/1/2020).

Pengerahan kekuatan itu, kata Riyono, merupakan bentuk upaya untuk mendukung langkah pemerintah Republik Indonesia yang memprotes keras nelayan dan kapal China karena sudah memasuki wilayah Natuna.

Selain ANNI, lanjut dia, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) dan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) turut andil berangkat ke lautan Natuna. Setelahnya, nelayan-nelayan ini berencana menggelas aksi demonstrasi ke Kedutaan Besar (Kedubes) China yang ada di Jakarta.

“Kami akan menggalang kekuatan nelayan Indonesia seperti HNSI, KTNA, dan organisasi nelayan lokal untuk bekerja sama dengan aparat keamanan dalam bentuk pengerahan kapal-kapal nelayan besar ke Natuna, kemudian nelayan akan berdemo ke Kedubes China menyuarakan kejengkelan nelayan atas sikap arogan China,” kata Riyono. (red/we)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed