by

Komisi I DPRD Karawang Curigai Anggaran Pembelian Materai Sebesar 910 Juta di Disdukcapil

Karawang, Kabarsebelas.com – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang mencurigai anggaran untuk pembelian materai di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang sebesar 910 juta.

“Masa materai sebanyak 1620 buah, sampai menganggarkan 910 juta, untuk apa saja itu?,”Ujar Jajang Sulaeman, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Karawang, Selasa (14/1/2020) di ruang komisi I DPRD Karawang.

Karena merasa tidak percaya dengan anggaran sebesar itu untuk pembelian materai maka Jajang pada saat rapat Badan Anggaran menanyakan kepada Disdukcapil.

“Ini tidak salah cuma untuk beli materai sampai segitu? Coba kalikan harga materai Rp 6000 dengan jumlah materai sebanyak 1620, ngga bakal sampai 910 juta dong,”kata Jajang

Kemudian kata Jajang pada rapat Banggar kedua Disdukcapil menambahkan bukan hanya untuk pembelian materai saja tapi untuk pengiriman dokumen kerjasama dengan Kantor Pos. Tapi anggarannya tetap masih 910 juta, kemudian pihaknya menanyakan kembali berapa sekali pengiriman dokumen?

Menurut Disdukcapil ketika di tanya oleh Komisi I pada saat banggar Rp 7000 sekali pengiriman, sedangkan blanko KTP untuk Kabupaten Karawang hanya 500 buah perbulannya jadi satu tahun hanya 6000 buah blanko. Lalu kata Disdukcapil selain KTP juga untuk pengiriman dokumen KK, akte kelahiran dan akte kematian.

“Memangnya pembuatan KK sebanyak apa? Paling 1 rumah 1, dan untuk akte kelahiran dan kematian memang ada yang mati masal dan lahir masal, tinggal di jumlah saja apakah dengan anggaran 910 juta sudah sesuai dengan pembelian materai dan pengiriman dokumen,”katanya lagi.

“saya jadi curiga, makanya pada saat di banggar saya menolak, untuk dialihkan ke program lain. Kita akan mengawasi terus karena itu uang rakyat,”pungkasnya.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed