by

Bambang Mujiarto Dorong Pemprov Jabar Lindungi Industri Rotan Cirebon

Cirebon, Kabarsebelas.com – Anggota Komisi II DPRD Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan, Bambang Mujiarto ST mendorong agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar melindungi industri rotan yang ada di Kabupaten Cirebon, Jumat (17/1/2020).

Pasalnya, daerah terdebut merupakan penghasil kerajinan rotan terbesar yang ada di Indonesia. Sentra kerajinan rotan pun hampir tersebar di sejumlah kecamatan Kabupaten Cirebon. Bahkan, banyak masyarakat yang bergantung dan mengandalkan eksistensi adanya industri rotan itu.

Eksistensi industri rotan, kata dia, harus terus dijaga sehingga Pemprov Jabar bisa memberikan totalitas support meliputi aspek-aspek yang dibutuhkan untuk pengembangan industri rotan di Kabupaten Cirebon dari berbagai lini yang sangat berpotensi menaikan penghasilan masyarakat setempat.

“Pemprov bisa mendukung dari pemasaran, pengembangan bisnis, pelatihan kerajinan, peningkatan sarana produksi, dan masih banyak lagi. Yang jelas tujuannya, eksistensi industri rotan di Cirebon harus terjadi dan ditingkatkan,” kata Bambang di Bandung, Jawa Barat.

Ketua Umum Mari Sejahterakan Petani (MSP) ini menyebut kalau hal itu penting dilakukan karena industri rotan sudah menjadi nyawa dan pemberi kehidupan bagi masyarakat Kabupaten Cirebon.

Terlebih, ditegaskan Bambang, tidak sedikit kepala keluarga (KK) di Kabupaten Cirebon yang menggantungkan rejekinya dari keberlangsungan industri rotan yang sudah tersehor di Indonesia ini.

“Cirebon pernah berjaya dengan industri rotannya. Saat ini, tugas kita untuk mengembalikan kejayaan itu. Tugas pemerintah harus menyiapkan terobosan dan formula untuk mencapai hal tersebut,” tegasnya. (vzay)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 comments

News Feed