by

Bupati Anne Ingin Kepala Dinas yang Proaktif

Purwakarta, Kabarsebelas.com – Bupati Anne Ratna Mustika menegaskan siapapun yang menjadi kepala dinas mampu bekerja proaktif mewujudkan visi dan misi di tempat yang kelak dipimpinnya secara cepat, efektif, dan bukan sebatas teori.

“Siapapun yang jadi kepala dinas nanti harus bisa bisa membantu saya dalam mewujudkan visi dan misi di dinasnya masing-masing secara cepat, efektif, dan tentunya terwujud jangan hanya teori saja,” katanya seusai menghadiri Ujian Akhir Open Bidding Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di Hotel Plaza, Purwakarta, Kamis (23/1/2020).

Ambu Anne sapaan akrabnya mengatakan sengaja meminta ujian terakhir ini dibuat terbuka. Alasannya untuk memastikan transparansi proses ujian itu. Termasuk, ingin memastikan seperti apa kualitas para peserta yang bersaing.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Purwakarta, Dadi Sadali mengatakan kalau proses ujian akhir open bidding ini sudah memasuki tahap uji makalah dan wawancara.

“Tahapan-tahapannya sudah berlangsung sejak akhir tahun kemarin dari mulai seleksi, uji kompetensi, hingga assessment. Saat ini tes terakhir, yakni uji makalah dan wawancara. Untuk tes akhir ini berlangsung dua hari,” katanya.

Dadi menjelaskan ada beberapa tahapan yang mesti ditempuh dalam open bidding kali ini karena mengacu pada Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Dalam proses assessment (penilai) kemarin kami melibatkan Kepolisian Daerah Jawa Barat. Sedangkan untuk uji wawancara atau tes terakhir yang digelar kali ini kami melibatkan tim yang terdiri dari akademisi, profesional, dan internal pemerintah,” jelasnya.

Proses open biddin Pemkab Purwakarta ini diikuti 41 pendaftar yang memperebutkan jabatan Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, serta Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pengairan.

Jumlah pendaftar yang lolos seleksi administrasi hanya 35 pelamar dari 22 pejabat. Sebagian pejabat yang lolos administrasi mengikuti open bidding dua JTP, bahkan ada juga yang ikut open bidding tiga JTP. (Dadi)

News Feed