Soal PHK Sepihak, DPRD Karawang Akan Panggil RS Lira Medika

Karawang, Kabarsebelas.com – Refi Fitri Nasution yang di PHK (Putus Hubungan Kerja) sepihak oleh RS Lira Medika Karawang hingga saat ini belum mendapat keadilan. Refi yang sedang mengandung terpaksa kehilangan pekerjaan sebagai Manager Customer Care di RS Lira Medika.

Sebenarnya oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang sudah dilakukan mediasi untuk mencari solusi, namun hingga kini mediasi tersebut seakan buntu karena pihak RS Lira Medika diduga tidak mempunyai itikad baik.

Dikatakan Refi, mediasi sudah tiga kali dilakukan namun, sampai detik ini juga pihak RS Lira Medika juga belum memberikan informasi atas ajuan kami, seperti lepas tanggung jawab.

“Katanya setelah selesai mediasi terkahir mereka akan menghubungi saya atas ajuan dari saya, tapi kenyataanya sampai detik ini juga tidak memberikan kabar. Saya ini harus kemana lagi, saya perempuan apalagi saya sedang hamil,”katanya, Kamis (23/01/2020)

Atas persoalan tersebut, ditempat yang berbeda Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang Asep Syaripudin atau yang akrab disapa Asep Ibe merasa kekecewaannya terhadap Disnakertrans yang lamban dalam menangani persoalan PHK sepihak yang dilakukan oleh RS Lira Medika.

“Kami komisi IV DPRD kecewa dengan Disnakertrans yang terkesan lamban dalam menangani masalah ketenagakerjaan,”ujarnya

Asep juga mengingatkan UPTD Pengawasan Disnkertrans Karawang yang juga lamban dalam menangani persoalan-persoalan ketenagakerjaan.

“Mungkin kami juga akan berkordinasi dengan Disnaker Provinsi Jabar dalam rangka menyikapi kinerja pengawasan yang menjadi kewenangan pemerintah Jawa Barat,”timpalnya

Sebelumnya, pada 1/01/2020 lalu, Asep mengatakan, bahwa pihak RS Lira Medika Karawang telah melanggar peraturan atas Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan terhadap Refi Fitri Nasution karena tidak menempuh proses PHK yang sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan.

Asep juga berencana akan memanggil atau mengundang pihak RS Lira Medika Karawang untuk dimintai keterangan atas PHK yang dilakukan terhadap Refi Fitri Nasution.

“Insya Allah Februari 2020 kita akan panggil RS Lira Medika, jika tidak hadir kita yang akan datangi ke RS Lira Medika,”pungkasnya.(red)