by

PT Sinar Padang Sejahtera Disidak Satgas Pangan Jabar

-Lainnya-324 views

Karawang, Kabarsebelas.com – PT Sinar Padang Sejahtera yang berada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (12/2/2020), disidak Satgas Pangan. Hasilnya, ditemukan sebanyak 150 ton bawang puting impor yang diduga ditimbun.

Kepala Disperindag Karawang, Ahmad Suroto mengatakan, sidak yang dilakukan Satgas Pangan meliputi Disperindag Jawa Barat dan Polda Jawa Barat itu berlangsung sejak pukul 12.00-18.00 WIB.

“Gudang importir ini informasinya memiliki stok tak kurang dari150 ton bawang putih, kami sidak langsung ke lokasi,” katanya via sambungan telepon saat dihubungi awak media, Kamis (13/2/2020) pagi.

Sebanyak 150 ton bawang putih impor yang diduga ditimbun iru, kata Suroto, harusnya sudah didistribusikan November 2019 silam. Waktu itu, lanjutnya, mereka punya kuota 720 ton bawang yang sisanya masih ada di gudang.

“Dari total kuota 720 ton itu, untuk pasokan di Jabar 90% atau 648 ton dan 10% atau 72 ton ke Lampung. Harusnya ini bawang sudah keluar November,” ungkap dia.

Bahkan kata Suroto, rombongan Satgas Pangan Jawa Barat juga menyatroni dua pasar di Karawang, untuk mengetahui berapa harga pasaran bawang putih di tengah masyarakat di saat komoditas tersebut langka.

“Biasanya harga bawang putih hanya di kisaran Rp. 30 ribu per kilo, tapi saat langka di pasar seperti saat ini harga tembus sampai dengan Rp.68 ribu per kilo,” ujar Suroto.

Atas temuan dugaan penimbunan bawang putih yang dilakukan oleh PT Sinar Padang Sejahtera, pihak importir pun rencananya akan dipanggil ke Polda Jabar untuk dimintai keterangan dalam waktu dekat. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed