PLN Rengasdengklok Sosialisasikan Program Dediselisasi

Karawang, Kabarsebelas.com – PLN ULP Rengasdengkol mensosialisasikan program dediselisasi atau pengalihan penggunaan tenaga disel ke penggunaan tenaga listrik dalam aktivitas produksi padi ke para petani Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

“Selain meningkatkan penjual PLN, program juga sangat membantu para petani atau pengusaha penggilingan padi untuk bagaimana caranya meminimalisir biaya operasional dan memaksimalkan keuntungan,” ujar Kepala PLN ULP Rengasdengklok, Rismiryam Tampubolon kepada awak media, Kamis (13/2/2020) siang.

Pihaknya, kata dia, tengah fokus menjadikan para petani di Kecamatan Cibuaya sebagai prioritas penerapan program dediselisasi itu. Bahkan, lanjutnya, pabrik penggilingan padi yang ada di 10 kecamatan wilayah kerja PLN ULP Rengasdengklok akan diupayakan mau menggunakan alat itu.

“Untuk biaya pemasangan tentu bisa di komunikasikan antara petani atau pengusaha dengan pihak PLN, kita akan beri kemudahan dan segala fasilitas yang ada,” kata Rismiryam.

Di tempat yang sama pengusaha penggiling padi, H Embay mengaku sangat terbantu setelah mengaplikasikan program dediselisasi itu. Karena, kata dia, biaya produksi yang harus dirogoh mengurang sampai Rp 10 juta setiap bulannya.

“Saya menghabiskan biaya Rp15 juta perbulan untuk membeli bahan bakar solar saat masih menggunakan disel. Tapi setelah menggunakan tenaga listrik saya hanya membayar tagihan sebesar Rp.5 juta per bulannya,” kata H Embay. (red)