by

BBKSDA Jabar Sosialisasi Pentingnya Lestarikan Fauna Laut

-Lainnya-149 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat sosialisasikan pentingnya menjaga kelestarian fauna laut di wilayah Tangkolak, Karawang, Kamis (20/2/2020).

Pasalnya, awal 2020 pernah ditemukan Pesut mati yang terdampar di Pantai Tangkolak Barat dekat dengan Hutan Mangrove. BBKSDA Jabar pun telah mengidentifikasi fauna tersebut.

Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Pupung Purnawan mengatakan kegiatan yang diselenggarakan ini bertujuan agar masyarakat paham dan mengetahui jenis-jenis biota laut yang dilindungi.

“Kami juga memberitahukan mekanisme pelaporan jika ada biota laut yang mati atau terdampar kepada masyarakat, dan sinergitas antara KKP karena mereka juga memiliki tupoksi yang sama,” katanya.

BKSDA Jabar, kata dia, sangat berharap agar para masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan tidak menangkap fauna yang sangat dilindungi tersebut.

“Kami juga mengimbau masyarakat agar berhati-hati saat melaut, agar tidak sengaja menangkap biota yang dilindungi,” ujar Pupung.

Sementara Humas ForkadasC+, Erik Ramdani mengapresiasi kegiatan itu supaya masyarakat paham pentingnya menjaga biota laut yang terancam punah. Dirinya juga menegaskan masih adanya kerentanan kematian biota laut dilindungi yang disebabkan tumpahan minyak Pertamina.

“Nelayan Pasir Putih dan daerah lainnya di Karawang masih menemukan gumpalan minyak yang tersangkut dijaring ikan mereka sampai saat ini. Hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri karena selama terjadinya tumpahan minyak sampai sekarang sudah ada 2 lumba-lumba dan seekor pesut yang mati di Pesisir Pantai Karawang,” katanya.

Seorang warga Tangkolak Desa Sukakerta – Cilamaya Wetan, Karawang, Yanto mengatakan, sebagai masyarakat yang berdampingan dengan Terumbu Karang Sendulang ia sangat antusias dengan kegiatan ini.

“Kegiatan ini sangat menambah pengetahuan serta pengalaman kami dibidang pengawasan dan pelaporan biota laut dilindungi,” tandasnya. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 comments

News Feed