by

Ketua Komisi X DPR RI, Kepala Desa Harus Berani Ambil Inisiatif Tetapkan Desa Wisata

Karawang, Kabarsebelas.com – Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda berharap agar para Kepala Desa yang ada di Karawang harus berani mengambil inisiatif agar desanya ditetapkan menjadi desa wisata.

Hal tersebut disampaikan Syaiful Huda pada acara Gerakan Sadar Wisata di Destinasi Pariwisata Kabupaten Karawang yang di gelar oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif, Jumat (13/3/2020) di Hotel Swiss-Bellin, Karawang.

“Berkali kali saya sampaikan kepada kepala desa se Indonesia, kepala desa harus berani mengambil inisiatif untuk tetapkan desanya menjadi desa wisata,”Ujar Syaiful Huda Ketua Komisi X DPR RI.

Apalagi kata kang Huda, Karawang ini di kenal sebagai daerah banyak sejarah dan wisatanya. Disini ada tugu kebulatan tekad, Sejarah Candi Jiwa, Wisata Reliji dan banyak yang lainnya.

Ia berharap juga kepada Kementrian Pariwisata agar monumen Rengasdengklok juga di urus oleh Kementrian.

“Monumen Rengasdengklok itu adalah peristiwa nasional, alangkah lebih baik juga di urus oleh Kementrian Pariwisata,”pintanya kepada Direktur Pengembangan SDM Pariwisata, Kemenpar.

Kemudian Direktur Pengembangan SDM Pariwisata, Wisnu Bawa Tarunajaya menyampaikan, bagaimana kepala desa yang desanya tidak punya produk unggulan bisa berinovasi agar desa menjadi potensi wisata.

Ia juga mencontohkan salah satu desa di Bali yang tadinya tidak punya apa apa, ketika kepala desanya mempunya inovasi sekarang pemasukan desa tersebut sudah mencapai 15 Miliar per tahun.

“Kalau kepala desa mempunyai inovasi dengan menjadikan desanya menjadi desa wisata, tentunya akan bisa menjadikan desa tersebut menjadi desa mandiri yang mempunyai pemasukan yang luar biasa,”katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamaksyari menyampaikan atas nama pemerintah daerah pihaknya mengucapkan terima kasih yang terhingga kepada Kemempar dan Komisi X DPR RI.

“Kalau pejabat pusat sudah datang itu menjadi wajib untuk menjalankan program di Karawang,”katanya

“Kami percaya bapak datang kesini bukan menjadikan yang sudah jadi. Tentunya untuk melahirkan destinasi wisata berbasis lokal, karena potensi desa di Karawang ini luar biasa,”pungkasnya.

Perlu di ketahui acara Gerakan Sadar Wisata di Destinasi Pariwisata di Kabupaten Karawang ini hadiri oleh para kepala Desa se Kabupaten Karawang, penggiat desa, Kompepar, dan para Guru SMA dan SMK di Karawang.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed