by

Bukan Sengaja Dibawa ke DPRD, Begini Penjelasan Kuasa Hukum Nelayan Ciparage

Karawang, Kabarsebelas.com – Kuasa hukum nelayan Desa Ciparage Jaya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Muhammad Gary Gagarin, SH,. MH menjelaskan kronologis tanpa unsur kesengajaan polemik KPPL Samudera Mulya sampai dibawa ke DPRD Karawang.

Awalnya, ia mengatakan, para nelayan Desa Ciparage Jaya itu kecewa karena uang anggota dari pengurus KPPL Samudera Mulya yang lama belum diserahkan ke pengurus baru yang sekarang menjabat sehingga menimbulkan kemarahan.

Sebenarnya, dia menjelaskan, Kamis 12 Maret 2020 para nelayan Desa Ciparage Jaya berniat melakukan aksi demonstrasi di depan gedung DPRD Karawang. Namun karena ada agenda aksi dari pihak buruh, maka diberi opsi untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPRD Karawang.

“Apa yang kami sampaikan di dalam forum itu adalah untuk menyampaikan kondisi yang terjadi, karena banyak nelayan yang merasa marah atas kepengurusan koperasi (KPPL Samudera Mulya) yang lama. Sehingga nelayan ingin menyampaikan aspirasi mereka kepada wakil mereka di DPRD,” jelas Gary, Minggu (15/3/2020) via whatsapp.

Saat RDP dengan Komisi II DPRD Karawang, dirinya bersama nelayan Desa Ciparage Jaya bukan hanya membahas masalah KPPL Samudera Mulya, tetapi juga meminta kejelasan kepada stakeholder mengenai nasib para nelayan agar mendapat perhatian yang serius.

“Jadi apakah masih ada bilang tidak ada korelasinya? Nah, makanya ketika menerima informasi jangan hanya sepotong saja,” kata Gary.

Ia menegaskan, pihaknya sudah membawa polemik KPPL Samudera Mulya ke ranah hukum. Karena proses hukum membutuhkan waktu, akhirnya nelayan Desa Ciparage pun mengajukan permohonan aksi demonstrasi yang kemudian menjadi RDP itu ke wakil rakyat.

“Lagipula kami sudah membawa kasus ini ke ranah hukum, namun namanya proses hukum kan lama, sehingga para nelayan sudah tidak sabar dan mengajukan permohonan aksi atau RDP ke DPRD Karawang,” tegas Gary.

Dia juga mengungkapkan sesuai mekanisme hukum pidana maupun perdata, saat ini terlebih dahulu pihaknya sedang fokus mendalami ranah pidana polemik di tubuh KPPL Samudera Mulya.

“Dan yang harus saya tegaskan, bahwa saya sebagai kuasa hukum punya semua legalitas hukum sebagai pengacara, dan jangan ajari saya untuk bertindak. Karena mekanisme hukum itu ada pidana dan perdata, jadi kami saat ini fokus ke ranah pidana terlebih dahulu,” tandas Gary. (vzay)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 comments

  1. 92764 777126The book is great, but this review is not exactly spot-on. Being a Superhero is far more about selecting foods that heal your body, not just eating meat/dairy-free. Processed foods like those mentioned in this review arent what Alicia is trying to promote. Should you arent open to sea vegetables (and yes, Im talking sea weed), just stop at vegan. 176020

News Feed