by

DPRD Jabar Dukung Upaya Pemprov Tangani Covid-19

Bandung, Kabarsebelas.com – DPRD Jabar sangat mendukung upaya konkret Pemprov Jabar dalam upaya penanganan Covid-19 (virus korona).

Pasalnya, tes masal agar tidak semakin masifnya wabah Covid-19 sudah dilakukan Pemprov Jabar ke tingkatan tertentu.

“Kami mendukung upaya pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19 ini,” ujar Ketua DPRD Jabar, Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat saat Rakor Penanganan Covid-19 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Kamis (26/3/2020) pagi.

Dia mengatakan prihal isu yang berkembang mengenai Covid-19, secara psikis masyarakat sudah terpengaruhi. Sehingga, hal tersebut mempengaruhi kondisi psikologis seluruh masyarakat Jabar.

“Yang saya khawatirkan kondisi saat ini adalah Corona Jiwa. Artinya, masyarakat sudah ngedrop jiwanya ketika menghadapi Covid-19 ini,” kata Taufik.

Sementara Wakil Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari menjelaskan, pelaksanaan social distancing (jaga jarak) bukan hanya dilakukan di Kabupaten dan Kota, melainkan sampai ke seluruh desa atau kelurahan yang ada di Jabar.

“Langkah ini kami sangat mendukung dalam rangka membantu meminimalisir penyebaran Covid-19. Sehingga pemetaannya menjadi catatan penting sebagai panduan untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan untuk mendapatkan solusinya,” jelasnya.

Terlebih, kata dia, pergeseran anggaran sudah dilakukan sesuai dengan Inpres nomor 4 tahun 2020 dengan refocusing, memperbaiki kembali struktur anggaran dalam rangka pembiayaan upaya penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Pergeseran anggaran selalu di update angkanya agar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dan menjadi lebih efektif,” kata Ineu Purwadewi.

Bantuannya sendiri, dia menegaskan, ada yang secara langsung dan natural. Pasalnya bukan soal anggaran yang tidak ada, akan tetapi khawatir kebutuhan barang yang semakin sulit didapatkan.

“Justru bukan anggaran yang tidak ada, tetapi barang yang dibutuhkan relatif sulit mengingat permintaan yang meningkat di masyarakat,” tegas Ineu Puwadewi. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed