by

Rumah Warga Desa Gempolkarya Disemprot Cairan Disinfektan

Karawang, Kabarsebelas.com – Rumah-rumah warga di Desa Gempolkarya, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, disemprot cairan disinfektan guna mencegah virus korona (Covid-19), Jumat (27/3/2020).

“Kegiatan ini sebagai acuan bahwa desa tanggap Covid-19 dan pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) berdasarkan SE (Surat Edaran) Kementrian Desa nomor 8 Tahun 2020 Tentang Desa tanggap Covid-19 dengan menggunakan Dana Desa,” ujar Kepala Desa Gempolkarya, Acep di Karawang.

Meskipun Dana Desa (DD) tahap 1 belum cair, dia tetap melaksakan kegiatan itu dengan cara ditalangi terlebih dahulu menggunaka uang pribadinya, agar masyarakat terhindar dari wabah korona.

“Menimbang bahwa virus korona hari ini menjadi pandemi global, dan telah mengganggu kesehatan serta ekonomi masyarakat di wilayah kami,” kata Acep.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga, Pemdes Gempolkarya juga memberikan edukasi cara pembuatan disinfektan dengan memanfaatkan bahan baku yang mudah dibeli di warung.

“Bahan-bahan rumah tangga seperti, pemutih pakaian, pembersih lantai, serta pembersih kamar mandi, bisa diolah menjadi disinfektan,” papar Acep.

Pemdes Gempolkarya yang dibantu pemuda setempat juga menghimbau agar masyarakat membiasakan diri dengan melakukan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (vzay)

News Feed