by

Alex Imbau Kades se-Karawang Alokasikan DBH Sesuai Kebutuhan

Karawang, Kabarsebelas.com – Pemkab Karawang akan mencairkan Dana Bagi Hasil (DBH) tahun 2020 sebesar Rp 50 miliar pekan depan, sesuai intstruksi Wabup Ahmad Zamakhsyari. Uang itu, dipergunakan untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 di 297 desa.

Sekretaris Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Karawang, Alex Sukardi pun mengimbau kepada seluruh kepala desa (Kades) agar menggunakan uang tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Nantinya, kata dia, uang yang bakal digelontorkan ke tiap-tiap desa itu tidak disamaratakan. Karena, lanjutnya, sesuai dengan keperluan penduduk dan wilayah.

“Disesuaikan luas wilayah, jumlah penduduk dan status sosial, serta ekonomi desa. Itu tidak bisa disamaratakan,” kata Alex yang juga Kades Karyamulya, Kecamatan Batujaya, Karawang, Selasa (31/3/2020) malam.

Dari Rp 50 miliar total DBH yang bakal digelontorkan, dia berharap 297 Kades hendaknya mengalokasikan minimal Rp 10 juta sesuai maklumat Wabup Ahmad Zamakhsyari atau sesuai kebutuhan.

“Mencakup biaya pembelian disinfektan, hand sanitizer, spanduk, alat pengukur suhu, operasional Tim Penanggulangan Korona Tingkat Desa, dan kebutuhan lain yang menyangkut pencegahan korona secara masif dan maksimal,” pungkas Alex. (vzay)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments

News Feed