by

Wabup Jimmy Jabarkan Alokasi Anggaran Covid-19 di Karawang

Karawang, Kabarsebelas.com – Wakil Bupati (Wabup) Karawang, Ahmad Zamakhsyari alias Jimmy menjabarkan poin-poin pengalokasian anggaran untuk penanganan dan pencegahan Covid-19.

Duit hasil pemangkasan APBD 2020 Karawang itu, selain untuk pembelian keperluan perlengkapan dan obat medis, juga dialokasikan untuk insentif 3.700 tenaga medis yang menangani Covid-19.

Namun, insentif untuk tiga bulan kedepan para tenaga medis yang menangani dan tidak menangani Covid19 itu dibedakan.

“Tetapi mohon izin insentifnya tidak kita samaratakan, perawat yang menangani kasus Covid-19 yang menangani pasien positif itu tidak mungkin sama dengan perawat Puskesmas yang tidak menangani Covid-19,” ujar Wabup Jimmy di Rumah Dinas Wakil Bupati Karawang, Selasa (7/4/2020).

Kemudian, kata dia, duit itu nantinya juga digelontorkan untuk dana perimbangan Bantuan Gubernur (Bangun) Jawa Barat (Jabar) Rp 500.000. Sebab, Bangub Jabar itu menuai persoalan dimana tidak samaratanya jumlah penerima antara desa yang satu dengan desa yang lain.

“Maka insyha Allah huta’alla yang kekurangan-kekurangan tersebut akan kita bantu melalui APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Karawang). Jumlahnya berapa? Sama Rp 500.000,” tegas Wabup Jimmy.

Untuk total jumlah penerima bantuan dari APBD Karawang itu, kata dia, belum bisa diputuskan totalnya, karena para kepala desa tengah melakukan pendataan.

Ia mengaku sudah mengimbau agar para kepala desa itu fokus mendata warga Krawang yang benar-benar tidak mampu, bukan warga yang sebelumnya sudah menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Yang terpenting para kepala desa itu kita minta mendata mereka yang di luar penerima bantuan PKH dan penerima BPNT,” kata Wabup Jimmy.

Selanjutnya, kata dia, anggaran tersebut juga diperuntukan bagi para pekerja kebersihan yang bukan berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Tapi ini bukan PNS kebersihan, bukan. Ini total anggaran ini untuk para petugas kebersihan yang bekerja di lapangan,” tandas Wabup Jimmy.

Pemkab Karawang membutuhkan sekitar Rp 140 miliar untuk penanganan pencegahan Covid-19. Hingga Selasa (7/4/2020) baru terkumpul kurang lebih Rp 100 miliar. (vzay)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 comments

  1. 337551 463481It is almost impossible to find knowledgeable men and ladies during this subject, nonetheless you sound like do you know what you are discussing! Thanks 944668

  2. 310942 740427Having been simply seeking at valuable weblog articles with regard to the project research when My partner and i happened to stumble on yours. Thanks for this practical data! 708958

News Feed