by

Toleng Kunjungi Dinsos Karawang, Minta Data Penerima Banprov Jabar Tepat Sasaran

Karawang, Kabarsebelas.com – Ketua Komisi II DPRD Jabar, Rahmat Hidayat Djati alias Toleng berkunjung ke Dinas Sosial (Dinsos) Karawang Selasa (8/4/2020). Pihaknya meminta data penerima bantuan provinsi (Banprov) terdampak Covid-19 itu tepat sasaran.

Pasalnya, kata dia, Sekretaris APDESI Karawang Alex Sukardi menyampaikan keluhan ke DPRD Jabar terkait data yang tidak sesuai dengan kondisi di lapangan.

Dia pun menegaskan, sudah mengimbau Dinsos Karawang untuk mendata warga yang betul-betul berhak menerima Banprov itu. Tujuannya, agar tidak menimbulkan beragam persoalan baru di masyarakat.

Sebab, dia menegaskan, pemerintah daerah sampai pusat sangat serius menangani persoalan sosial hingga ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini.

“Ditemukan juga data yang meninggal dunia yang masih muncul, pembagian kuota yang diterima tiap desa yang tidak sebanding dengan desa lain,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinsos Karawang, Abdul Azis memaparkan bahwa jajarannya masih melakukan pendataan ke lapangan untuk dikirim ke Pemprov Jabar.

“Data yang kami terima ini adalah DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) hasil verivali (Verifikasi dan Validasi) tahun 2019, yang disahkan Januari 2020,” paparnya.

Sementara Kabid Dinsos Karawang, Dani Laga mengungkapkan kalau kegaduhan yang timbul saat ini disebabkan verivali data penduduk 2019 hanya dilakukan ke sebanyak 18 kecamatan dari 30 kecamatan.

“Hanya saja dalam pelaksanaan verivali ini tidak semua kecamatan melakukan hal ini. Dari 30 kecamatan, hanya 18 kecamatan saja yang melakukan verivali,” ungkapnya.

Banprov Jabar itu pun diproyeksikan bukan untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Melainkan, untuk warga rentan miskin akibat dampak pandemi Covid-19. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments

News Feed