by

JPPR Minta Bawaslu Tegas Terhadap Dugaan Politisasi Bansos yang Dilakukan Petahana

-Politik-361 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) menyayangkan munculnya foto Bupati Cellica dalam kemasan karung plastik berisikan beras bantuan untuk warga yang terdampak Covid-19. Pasalnya, itu bernuansa politis menjelang pemilihan kepala daerah setempat.

Karung plastik yang berisikan beras bergambar Bupati Cellica itu tersebar di media sosial dan telah menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat Kabupaten Karawang. Atas hal tersebut JPPR meminta kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus tegas terhadap dugaan politisasi Bansos di saat pandemi Covid-19.

Alwa Ola Koordinator Nasional JPPR mengungkapkan jika memang benar terjadi politisasi bansos disaat pandemi covid-19 yang dilakukan oleh Bupati Cellica sebagai petahana pihaknya sangat amat menyayangkan karena tindakan tersebut merupakan tindakan yang tidak bermoral.

“Tindakan politisasi bansos tidak bisa di toleransi, maka JPPR berharap Bawaslu segera melakukan pengawasan dan penindakan. Pasal 71 ayat 3 UU Pilkda sudah sangat jelas melarang hal tersebut”, kata Alwan, Jumat (8/5/2020)

Alwan juga mempertanyakan soal integritas Bawaslu Karawang sebagai lembaga pengawasan, yang seharusnya lebih pro aktif dalam menindak pelanggaran yang mengarah pada kepentingan Pilkada, apalagi Cellica yang di gadang-gadang akan mencalonkan diri di Pilkada 2020 ini.

“Lalu apakah bawaslu mampu menindak berlandaskan pasal 71 ayat 3 ? Tentu Bawaslu akan beralasan bahwa tahapan belum mulai, dia belum jadi paslon. Bawaslu harus tegas dalam memberikan penindakan dengan SE Larangan politisasi bansos,” tambahnya

“Marak nya politisi bansos dan masyarakat kita juga menerima karena kita sedang mengalami resesi ekonomi dan yang paling penting adalah minim nya pendidikan pemilih,”pungkasnya. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 comments

News Feed