by

Soal Pelanggaran Kode Etik, Bawaslu Jabar Tidak Jamin Pilkada Karawang Jurdil

-Politik-218 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Berdasarkan putusan DKPP RI Nomor 27-PKE-DKPP/II/2020, seluruh komisioner dan kepala sekretariat Bawaslu Kabupaten Karawang di jatuhkan sanksi oleh DKPP RI, yaitu sanksi peringatan dan peringatan tegas.

Atas hal tersebut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat (Jabar) telah menindaklanjuti putusan DKPP RI pada Jumat tanggal 8 Mei 2020, sesuai dengan amar putusan yang memberi sanksi peringatan kepada empat (4) anggota Bawaslu Kabupaten Karawang, serta sanksi peringatan keras kepada satu anggota Bawaslu Kabupaten Karawang juga sanksi kepada Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Karawang.

“Sudah kita tindaklanjuti amar putusan DKPP RI soal sanksi Pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Bawaslu Karawang,”terang Lolly Suhenty, Kordiv Humas dan Hubal Bawaslu Jabar, Selasa (12/5/2020) ketika di konfirmasi lewat via telepon.

Kemudian pihaknya tidak bisa menjamin Pilkada Karawang akan berlaku jujur dan adil begitu juga tidak bisa menjami Pilkada Karawang penuh kecurangan.

“Mari kita beriktiar bersama untuk mewujudkan Pilkada yang demokratis jujur dan adil. semua bisa dilakukan hanya jika kita memperkuat pengawasan baik oleh Bawaslu maupun secara partisipatif oleh publik,”katanya

Kemudian kata Lolly, Bawaslu Jabar pun tidak melakukan pemberhentian kepada para komisioner Bawaslu Karawang yang telah melakukan pelanggaran kode etik, namun hanya menindaklanjuti amar putusan dari DKPP RI.

Lanjut Lolly, jika Bawaslu Karawang melakukan pelanggaran kembali maka jalur DKPP bisa ditempuh kembali dan sanksinya juga beragam mulai dari peringatan hingga pemberhentian tetap.

“Sementara tidak ada pemberhentian mengingat amar putusan adalah sanksi peringatan dan peringatan keras,”pungkasnya.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

News Feed