by

Tidak Transparan Penggunaan Dana Covid-19, Bupati Karawang Akan di Interplasi Oleh DPRD

Karawang, Kabarsebelas.com – Bupati Karawang akan di Interplasi oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang soal tidak transparannya penggunaan anggaran Covid-19.

Dikatakan Jajang Sulaeman Ketua Fraksi PKB, banyak anggaran untuk penanganan covid-19 yang sudah masuk ke tim gugus tugas namun, secara pengelolaan anggaran dianggap tidak transparan oleh DPRD Karawang. Pasalnya, pada saat rapat badan anggaran ada beberapa fraksi yang menanyakan keluar masuknya anggaran covid-19.

“Kita sudah minta rincian anggaran covid-19 kepada pemda, tapi tidak ada rincian yang detail di berikan ke DPRD. Kemarin pemkab memberikan laporan keuangan anggaran covid-19, tapi itu hanya laporan biasa saja seperti buntel kadut, rinciannya tidak jelas, jangan sampai ada asusmi anggaran di selewengkan,”tegas Jajang Sulaeman, Selasa 3/6/2020.

Kata Jajang pihaknya sudah meminta kepada pimpinan DPRD agar segera memanggil Bupati Karawang untuk meminta penjelasan yang lebih jelas terkait penggunaan anggaran refocusing covid-19 yang diketahui sebesar Rp 100.8 Miliar. Belum lagi anggaran bantuan dari perusahaan dan beberapa pengusaha.

Kemudian menurut Jajang, hak interpelasi itu bukan hal yang ekstrim, itu hak bertanya anggota DPRD ketika dianggap ada yang tidak benar.

Apalagi lanjut Jajang, banyak masyarakat yang bertanya kepada DPRD terkait anggaran covid-19.

Bagamana dirinya mau menjawab jika Pemkab Karawang saja tidak melaporkan secara rinci anggaran covid-19.

Jika Pmekab tidak koperatif dalam hal ini maka perlu harus dilakukan hak interpelasi.

“Jika Pemkab tidak koperatif juga maka hak interpelasi dan hak hak lain yang menjadi hak DPRD kita akan lakukan,”pungkasnya.

Sebelumnya Fraksi PDI Perjuangan juga dengan lantang menyuarakan untuk dilakukan hak interpelasi.

Kata Natala Fraksi PDIP, hak interpelasi dilakukan DPRD karena tidak adanya keterbukaan informasi dari Pemkab Karawang tentang kegiatan kegiatan yang menggunakan anggaran covid-19.

Informasi yang di rangkum oleh Kabarsebelas.com sebanyak 22 anggota DPRD yang sudah sepakat akan menggunakan hak interpelasi agar Bupati Karawang transparan dalam melaporkan secara detail kegiatan kegiatan yang menggunakan anggaran Covid-19.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed