by

KPUD Karawang Akan Restrukturisasi Anggaran Pilkada Karawang 2020

-Politik-265 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 di tengah wabah virus Corona (Covid-19), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karawang melakukan pencermatan anggaran, termasuk pengadaan sejumlah item guna mengikuti protokol kesehatan.

“Arahan KPU RI, kita di minta restrukturisasi anggaran atau penghematan anggaran pada Pilkada serentak tahun 2020,”ujar Olina Theresea Paraeng, Sekertaris KPUD Karawang, Senin (8/6/2020) di kantornya.

Dikatakan Olina, dirinya baru saja di lantik dan menjabat sebagai sekretaris KPUD Karawang. Namun, dirinya mengikuti pembahasan dengan TAPD untuk anggaran Pilkada Karawang tahun 2020, itu sudah refocusing yang ke tiga.

“Untuk Dana Hibah Pilkada itu tidak di kembalikan ke KAS Daerah, tapi masih dalam pembahasan dengan TAPD untuk ditetapkan berapa besarannya nanti setelah di refocusing,”jelas Olina.

Nanti untuk kegiatan di tahapan Pilkada sendiri dirinya tetap akan mengikuti protokol kesehatan. Bahkan pihaknya di perintahkan untuk tidak melakukan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan masa atau banyak orang.

“Artinya kegiatan tahapan Pilkada yang mengumpulkan masa itu di hilangkan semua, seperti sosialisasi jalan sehat, seni budaya, pestival musik, bimtek PPK itu di tiadakan di hapus semua,”terangnya

Lanjut Olina, untuk Bimtek PPK Kecamatan nantinya dilakukan online.

“Tahapan tetap kita laksanakan seperti Bimtek tapi modelnya di ganti,”katanya

Pasalnya di Karawang yang tadinya masuk zona merah sekarang masuk zona kuning menuju hijau, artinya jumlah pasien yang positif covid-19 sudah menurun.

Jangan sampai nanti masyarakat ketakutan pada saat memberikan hak suaranya di Pilkada Karawang.

“Kita akan memakai protokol kesehatan di tiap TPS, karena memikirkan kesehatan jiwa orang banyak, jangan sampai pasca Pilkada muncul klaster baru,”pungkasnya.

Perlu di ketahui Pemerintah Kabupaten Karawang telah menandatangi dan hibah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Anggaran Pilkada Karawang tahun 2020 mencapai Rp.97.978.495.500 sebelum di refocusing untuk penanganan wabah virus Corona.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments

News Feed