by

Pemkab Karawang Tidak Serius Tangani Pendidikan SLB

Karawang, Kabarsebelas.com – Pemerintah Kabupaten Karawang tidak serius tangani Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di Batujaya. Pasalnya, sekitar 105 anak berkebutuhan khusus di Kecamatan Batujaya kurang mendapatkan pendidikan yang layak, hal ini dikarenakan minimnya sarana dan prasarana Sekolah Luar Biasa (SLB) tersebut.

Kepala Sekolah SLB Cahaya Bangsa Batujaya, Abdul Rozak menyayangkan Sikap Pemkab yang kurang berpihak kepada sekolah luar biasa, padahal sekolah ini menampung anak-anak berkebutuhan khusus yang kurang mampu.

“Pemkab seperti kurang respon terhadap dunia pendidikan yang ada di Karawang, khususnya pendidikan SLB. Seperti SLB Cahaya Bangsa yang sampai saat ini belum di perhatikan sama sekali baik dari segi pembangunan gedung sekolah maupun sarana fasilititas lainnya yang menunjang pembelajaran,” kata Rozak, Kamis (18/6/2020)

Rozak menambahkan bahwa para siswa SLB Cahaya Bangsa selama 3 tahun ini menumpang di gedung SDN Telukbango 4. Hal ini karena SLB Cahaya Bangsa belum memiliki gedung sekolah.

Pihak SLB Cahaya Bangsa sudah beberapa kali mengajukan kepada Pemkab Karawang untuk dibangunkannya gedung SLB Cahaya Bangsa namun sayang belum juga dapat respon.

“Permohonan bantuan kepada pemerintah daerah sudah sering diajukan tapi belum ada tanggapan atau respon sedikitpun sampai saat ini. Kalau lihat data sekolah SLB di Kabupaten Karawang itu sedikit sekali sedangkan Disabilitas dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) banyak di Kabupaten Karawang. Menurut data di Kecamatan Batujaya saja ada 105 anak lebih Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang masih usia produktif sekolah jenjang SD, SMP dan SMA,” bebernya.

“SLB kami gratis tidak di pungut biaya, karena kondisi di daerah pelosok masih banyak warganya yang kurang mampu , kami sekarang memiliki siswa sebanyak 40 siswa yang berasal dari 5 kecamatan tetangga. Kami sangat berharap kepada pemerintah daerah agar lebih memperhatikan SLB Cahaya Bangsa dan segera merespon dan merealisasikan yang menjadi kebutuhan para siswa agar tidak terus-terusan numpang di SDN Telukbango 4,”pungkasnya (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

News Feed