by

Warga Terdampak Tumpahan Minyak Mentah Tagih Janji PT PHE ONWJ

-Lainnya-346 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Warga Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Karawang, Jawa Barat, terdampak tumpahan minyak mentah melakukan aksi demostrasi Senin (29/6/2020). Mereka tagih janji PT PHE ONWJ perbaiki kerusakan lingkungan dan pembayaran kompensasi final.

Warga setempat, Agus mengatakan secepatnya PT PHE ONWJ menepati janjinya. Sebab, lanjutnya, nelayan dan petambak kesulitan mencari nafkah.

“Pembayaran kompensasi yang tertunda, baik itu kompensasi susulan atau kelompok C sampai dengan kompensasi final. Ditambah lagi adanya bencana banjir ROB kemarin, jadi luar biasalah ini pantai Sedari,” kata Agus di Karawang.

Masih menurut Agus, kerusakan alam yang dialami daerahnya tersebut pun sangat mempengaruhi kehidupan warga desanya. Dari rusaknya pariwisata pantai yang ada, usaha tambak sejumlah warga, hingga terganggunya kesehatan warga.

Dia menjelaskan bahwa dampak limbah minyak mentah di perairan Karawang khususnya Desa Sedari juga merugikan objek wisata menjadi sepi oengunjung. Sehingga, warga yang berjualan pun terganggu roda perekonomiannya.

“Selain pantai yang jelas harus diperbaiki kondisinya, tanaman mangrove sebagai pencegah abrasi pun jadi terhambat pertumbuhannya bahkan ada sebagian yang sama sekali rusak,” jelas Agus.

Terpisah, Kepala Desa Sedari, Bisri Mustofa mengaku yang dilakukan warga itu dengan menyuarakan pendapat kepada PT PHE ONWJ sangat wajar.

“Sepanjang demonstrasi dilakukan dengan damai dan kondusif, menjadi sah-sah saja warga menyampaikan tuntutannya,” kata Bisri Mustofa.

Dirinya juga berharap PT PHE ONWJ dapat merespon dengan baik apa yang telah dikemukakan warga Desa Sedari dengan melakukan aksi demontrasi itu.

“Mudah-mudahan apa yang disampaikan warga direspon PHE-ONWJ dengan positif dengan segera merealisasi tuntutan warga,” tandasnya. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed