by

Terapkan Protokol Kesehatan, KPU Karawang Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020

-Politik-385 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang menggelar sosialisasi pemilihan serentak Bupati dan Wakil Bupati Karawang 2020 di Hotel Mercure, Kamis (9/7/2020).

Acara yang dihadiri oleh partai politik digelar menerapkan protokol kesehatan. Peserta sosialisasi wajib menggunakan masker, dicek suhu tubuh dan menerapkan physical distancing.

Ketua KPU Karawang, Miftah Farid mengungkapkan, pemilihan serentak Bupati dan Wakil Bupati di saat pandemi covid-19 berbeda dari biasanya. Salah satunya adalah verifikasi faktual (verfak) dukungan calon perseorangan yang saat ini dilakukan para petugas. Dimana, verifikator memakai alat pelindung diri (APD) dengan lengkap.

Selain itu, sambung Farid, ada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non-alam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Dalam ketentuan aturan itu, ada salah satu ketentuan pembatasan usia petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Di mana usianya maksimal berusia 50 tahun,” ujarnya.

Ditambahkan Farid, dalam sosialiasi pemilihan serentak bupati dan wakil bupati Karawang dijelaskan point-point krusial di PKPU Nomor 5 Tahun 2020, dari mulai tahapan, jadwal dan program dan jadwal penyelenggaraan yang diperlu diantisisipasi.

“Kita pun sedang menunggu aturan teknis, baik soal teknis kampanye maupun pada saat pemungutan suara,” ujarnya.(rls)

News Feed