by

DPRD Karawang Ingin Duit BUMDes Kelola Potensi Wisata

Karawang, Kabarsebelas.com – DPRD Karawang sedang sibuk mematangkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Desa Wisata. Para wakil rakyat ini ingin duit Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mampu mengelola potensi wisata.

Rombongan Panitia Khusus (Pansus) Raperda Desa Wisata, Rabu (22/7/2020) melakukan kunjungan ke objek wisata Taman Mangrove dan Pantai Sedari di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Ketua Pansus Raperda Desa Wisata, Nurlela Saripin mengatakan bahwa Pemdes Sedari melalui BUMDes sudah sangat baik mengelola potensi wisata.

“Kami memilih berkunjung ke Desa Sedari ini karena memang pengelolaan objek wisata oleh Pemdes melalui BUMDes sudah berjalan dengan baik,” kata Nurlela.

Ia menjelaskan, Raperda Desa Wisata ini juga memiliki tujuan supaya BUMDes di wilayah Karawang mampu menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) sehingga menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kami juga ingin mendapatkan masukan-masukan dari masyarakat di desa-desa yang memiliki potensi wisata secara langsung agar saat diundangkan Perda Desa Wisata sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk mengembangkan potensi wisata,” jelas Nurlela.

Sementara, Kepala Desa Sedari, Bisri Mustopa mengatakan berkat kerjasama yang baik dengan semua pihak, potensi wisata yang ada di wilayahnya semakin berkembang dan mampu memberikan kontribusi untuk Pemkab Karawang.

“Dalam dua tahun terakhir kami juga sudah bisa menghasilkan PAD dalam bentuk retribusi wisata yang kami bayarkan ke Pemkab Karawang,” tandasnya. (vzay)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed