by

Kasus Covid-19 Bertambah di Majalengka, Ini Analisa Epidemiologi

Majalengka, Kabarsebelas.com – Berdasarkan analisa epidemiologi terkait bertambahnya jumlah kasus terkonfirmasi positif virus corona di Kabupaten Majalengka, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bersama guna mendukung pemerintah dalam melindungi rakyatnya.

dr. H. Asep Suandi MEPid menilai ada beberapa hal yang harus dijadikan perhatian bersama, diantaranya dengan tindakan antisipasi tracing atau pelacakan dan dilakukan pemeriksaan tes swab secara massal yang ketat.

“Selain itu, sosialisasi secara terus menerus tentang edukasi disetiap sektor untuk selalu patuh semua anjuran untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 serta dijelaskan sanksinya,”katanya. Rabu, (5/8/2020)

Masih katanya, karena bila tidak begitu semua upaya yang dilakukan pemerintah tidak akan berhasil untuk memutus mata rantai penularan covid19 ini.

Sementara itu, dr. Harizal Harahap sependapat dengan menyampaikan beberapa hal, bahwa yang diperlukan sekarang adalah bagaimana menemukan masyarakat yang ternyata sudah konfimed covid-19 dan langsung mengisolasinya.

“Saat ini kita berhadapan dengan 2 (dua) musuh besar yaitu Virus Covid-19 dan masalah Covidiot atau orang yang acuh, analisa yang terjadi di masyarakat kebanyakan beranggapan bahwa masalah munculnya corona ini dipercaya hanya suatu rekayasa semata,” ungkapnya.

Dia menambahkan, yang harus dipahami bersama adakah saling mendukung serta memfungsikan peran dan tugasnya masing masing dengan pemerintah yang sedang berjuang untuk melindungi rakyatnya dari pandemi covid-19 ini.

“Beberapa hal lain yang harus diperhatikan diantaranya, bersama memantau jika ada yang baru datang dari luar daerah tentang kesehatannya, terutama dari zona hitam atau merah agar langsung melakukan karantina mandiri,” harapnya.

Lalu, jika ada yang ditemukan confirmed (+) pada orang sakit agar cepat di isolasi dan terapi di RS sekaligus tracing seluruh kontak disertai pemeriksaan.

“Temukan sebanyak mungkin Confirmed yang asimptomatis (tidak bergejala) di masyarakat dengan cara lakukan sebanyak mungkin pemeriksaan Swab PCR massal dan bila ditemukan agar dilangsungkan karantina mandiri,” jelasnya.

Kemudian, jelas dia bahwa yang terakhir adalah langkah upaya mencegah semua kegiatan yang berpotensi membuat kerumunan masyarakat.(Sigit)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed