by

Pembelajaran Jarak Jauh, LMP Karawang Minta Ada Evaluasi

Karawang, Kabarsebelas.com – Hampir tiga bulan terakhir mulai dari tingkat PAUD hingga perguruan tinggi belajar dengan menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau sekolah dari rumah akibat pandemi Covid-19.

Ormas Lasar Merah Putih (LMP) Marcab Karawang melalui Ketuanya memberikan catatan mengenai pembelajaran jarak jauh (PJJ), di mana yang diperbolehkan hanya yang berada di zona hijau.

Ketua LMP Marcab Karawang Awandi Siroj pun menyebut, keputusan tersebut sangat dilematis, karena kalau membuka sekolah tatap muka akan membahayakan kesehatan dan keselamatan anak-anak.

Di sisi lain pemerintah juga belum melakukan evaluasi dan perbaikan untuk PJJ fase kedua. Padahal, data menunjukkan anak-anak tertekan selama PJJ fase 1.

“Kami LMP Marcab Karawang mendorong ada perbaikan dalam PJJ fase kedua agar anak-anak dapat menjalani PJJ dengan kondisi bahagia. Karena 79,9 persen siswa menyatakan tidak senang belajar dari rumah karena 76,8 persen gurunya tidak melakukan interaksi selama PJJ, kecuali memberikan tugas-tugas saja,” ungkap Awandi Siroj, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/8/2020).

Menurutnya, PJJ pada fase 1 pun dianggap tidak berjalan efektif, terjadi bias kelas sosial ekonomi, bias perkotaan dan pedesaan serta bias Jawa dan luar jawa. Selain itu, ada juga masalah jaringan internet dan ketidak mampuan keluarga peserta didik membeli kuota internet.

“Oleh karena itu, Kami merekomendasi agar pemerintah menggratiskan internet untuk PJJ fase 2 selama 6 bulan kedepan,” jelas
dia.

Lanjut pria yang akrab di sapa Abah, pihaknya juga mendorong ada perbaikan dalam PJJ fase kedua agar anak-anak dapat menjalani PJJ dengan kondisi bahagia.

“Jika PJJ diperpanjang, namun tanpa perbaikan dan dukungan internet negara, maka hal ini akan berpotensi meningkatkan stress pada anak yang berdampak pada masalah psikologi anak-anak,”pungkasnya.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Only wanna tell that this is extremely helpful, Thanks for taking your time to write this. However, Domain Authority (Moz) is a parameter to check the ranking in Google. If you want to increase your DA at very low cost, please check out on profile link.

News Feed