by

Kado HUT RI yang ke-75, Disiplin Kata Kunci Ditengah Pandemi Covid-19

-Lainnya-64 views

Bogor, Kabarsebelas.com – Masyarakat sudah mulai disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi covid-19. Ini menjadi suatu hikmah yang harus dipetik sebagai kado HUT Kemerdekaan RI yang ke-75.

“Disiplin dalam hal ini tidak hanya dalam mematuhi protokol kesehatan, tetapi dikembangkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,”kata anggota DPRD Jabar Rudi Harsa Tanaya, Senin (10/8/2020) malam.

Politisi senor PDIP ini mengatakan, disiplin adalah kata kunci di tengah pandemi. Kata kunci karena disiplin menggunakan masker, disiplin mencuci tangan, disiplin menjaga jarak adalah kata kunci untuk tidak terinfeksi virus corona.

Disiplin menggunakan masker itu pula yang menjadi kata kunci untuk masuk ke era new normal atau adaptasi kebiasaan baru. Dengan disiplin, masyarakat bisa kembali beraktivitas tanpa terinveksi virus corona.

“Disiplin ini adalah budaya bagus. Kita juga merasa lebih nyaman berkomunikasi apabila memakai masker,” kata Rudi.

Dalam kaitannya dengan HUT Kemerdekaan RI, disiplin ini merupakan kado berharga.

“Ini momentum buat kita untuk berdisiplin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Rudi.

Rudi mengemukakan, disiplin dalam berbangsa dan bernegara dalam hal ini adalah disiplin mematuhi aturan.

“Salah satunya, disiplin mematuhi aturan terkait tindak pidana korupsi,” tegas Rudi.

Pasalnya, korupsi merupakan salah satu penyakit kronis bangsa ini. Sudah cukup banyak upaya yang dilakukan untuk mencegah tindak pidana korupsi.

Salah satunya yang spektakuler adalah melahirkan UU Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK). UU yang menakutkan ini, ternyata juga tidak berhasil mencegah tindak pidana korupsi secara signifikan. Hal ini, disebabkan kurangnya disiplin pejabat dalam menjalankan amanah yang diberikan kepadanya.

Oleh sebab itu, tegas Rudi, momentum covid-19 jangan hanya menjadikan disiplin dalam konteks penyakit, tetapi juga displin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Mari kita kembali masuk dalam kehidupan baru dalam berbangsa dan bernegara dengan berdisiplin menaati aturan yang ada,” tutup Rudi.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed