by

Kampanye Belum Mulai Sudah Marak APK Balonbup, Begini Kata Bawaslu!

-Politik-246 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Masa kampanye pasangan bakal calon kepala daerah di Jawa Barat belum dimulai. Tapi, alat peraga kampanye (APK) sudah banyak menghiasi bibir jalan khususnya di wilayah Kabupaten Karawang.

Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Jawa Barat, Yusuf Kurnia mengatakan terkait APK itu pihaknya belum bisa memberikan sanksi yang tertuang dalam Undang-undang Pilkada karena belum ditetapkannya pasangan bakal calon kepala daerah.

“Sepanjang penetapan bakal pasangan calon itu belum ada, maka belum jadi otoritasnya Bawaslu,” katanya kepada awak media usai menjadi nara sumber Rapat Koordinasi Perbawaslu nomor 2 tahun 2020 dan Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang di Novotel Hotel, Selasa (25/8/2020).

Sepanjang belum dimulainya tahapan Pilkada, Yusuf menegaskan konteks maraknya APK tersebut masih wewenang pemerintah setempat menertibkannya dengan dasar Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (Perda K3).

“Jadi belum jadi objeknya pengawasan Bawaslu, termasuk objek penindakan Bawaslu, karena belum ada pasangan bakal calonnya,” tegasnya.

“Kan Bawaslu hanya bisa menegakan aturan menyangkut Undang-undang Pilkada,” tandas Yusuf. (vzay)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments

News Feed