by

UPTD Cadangan Pangan Purwakarta Terus Tingkatkan Hasil Panen

Purwakarta, Kabarsebelas – Untuk terus memperkuat ketahanan pangan, pemerintah pusat terus mendorong masyarakatnya agar meningkatkan hasil pertanian.

Tujuan dari program ketahanan pangan yaitu untuk memantapkan ketersediaan pangan yang bersumber dari produksi dalam negeri juga untuk mengurangi jumlah penduduk yang mengalami rawan pangan

Lewat program ketahanan pangan Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pertanian dan Pangan terus meningkatkan terus berupaya meningkatkan produksi pangan khususnya bahan pangan pokok yaitu beras.

Kepala UPTD Cadangan pangan Pemerintah Kabupaten Purwakarta Wawan Hernawan mengatakan, berbagai cara terus dilakukan jajaranya untuk meningkatkan hasil panen setiap musimnya.

Kabupaten Purwakarta merupakan salah satu yang mempunyai cadangan pangan yang sangat bagus bahkan menjadi Kabupaten percontohan, dengan mengelola aset daerah menjadi lahan pertanian untuk cadangan pangan yang sangat kuat.

UPTD Cadangan Pangan yang dipimpinya kini mengeloka aset daerah yang merupakan lahan persawahan seluas 23, 26 hektar yang digarap oleh petani dengan asumsi target 24 ton per musim tanam.

“Saat ini ada 33 petani yang menggarap tanah aset daerah seluas 23, 26 hektar, yang setiap musim tanam mereka harus menyetorkan hasil panenya sesuai kesepakat sebanyak 24 ton,”Jelas Wawan Hernawan, Jumat, (18/9/2020) di kantornya.

Dari 33 petani penggarap tersebut, lanjutnya, saat ini baru ada 9 petani yang menyetorkan hasil panenya ke UPTD.

“Sekarang telah berlangsung musim panen namun baru 9 petani yang setor ke kami, selaku pengelola. Dari tahun ke tahun terus berupaya meningkatkan hasil panen agar cadangan pangan di Kabupaten Purwakarta terus terjaga,”kata Wawan.

Kemudian kata Wawan, pihaknya juga tak henti hentinya melakukan penyuluhan dan pemahaman kepada petani penggarap agar selalu disiplin bekerja keras.

“yang penting jujur dalam melakukan kerjasama dengan kami,”pungkasnya.(Dadi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

  1. Everything is very open with a precise explanation of the challenges. It was definitely informative. Your website is extremely helpful. Thank you for sharing!|

News Feed