by

Tidak Memiliki Izin, Gedung Tokma di Cikampek Utara Sudah Berdiri Kokoh

-Lainnya-171 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Diduga Pembangunan Tokma yang berlokasi di Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru, Karawang, tidak memiliki izin Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL).

Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang Rosmalia Dewi mengatakan bahwa pihaknya belum mengeluarkan izin UKL dan UPL.

“Berdasarkan catatan di DLHK Karawang, sampai saat ini kami belum mengeluarkan pengesahan dokumen UKL dan dokumen UPL,”kata Rosmalia, Jumat (2/10/2020).

Sampai hari ini kata Rosmalia pihaknya belum menerima permohonan izin dokumen UKL dan UPL pembangunan Tokma tersebut.

“Draft-draft dokumen pengajuannya juga belum kami terima, berarti kemungkinan besarnya pihak mereka belum mengajukannya kepada pihak kami. Yang penting, kami DLHK Karawang belum mengeluarkan pengesahan berkas dokumen perizinan UKL dan UPL kepada Tokma di Desa Cikampek Utara,” tegas Rosmalia.

Meskipun tidak memiliki dokumen UKL dan UPL keberadaan toko modern Tokma yang di bangun di jalan raya Tirtamulya – Cikampek tersebut sudah hampir rampung.

Dari informasi yang dihimpun, bangunan toko modern Tokma di Desa Cikampek Utara yang dibangun dari tahun 2018 lalu dan akan segera diresmikan untuk beropersi di akhir tahun 2020 ini, diduga belum mengantongi izin lokasi dari lingkungan sekitar atau izin lokasi dari Desa Cikampek Utara.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah seorang warga yang namanya engga disebutkan.

“Pak Kades juga informasinya tidak mau menandatangi berkas dokumen pengajuan izin lokasi karena tidak ada tandatangan persetujuan dari warga sekitar yang berada di lingkungan toko modern tersebut,”jelas warga sekitar yang namanya enggan mau disebutkan.

Atas hal tersebut, pihak DLHK Karawang akan mengirimkan timnya untuk memastikan keberadaan toko modern Tokma yang diduga bangunan tersebut liar yang tidak mengantongi izin apapun.

“Nanti Satpol PP yang akan menyelidiki karena itu kewenangannya, bilamana ada pelanggaran lingkungan kami bisa memberikan tindakan tegas,”tegas Rosmalina.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed