by

BUMDes Cemerlang Juara ke 2 Bumdes Terbaik di Kabupaten Karawang

-Ekbis-420 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cemerlang Desa Baturaden Kecamatan Batujaya menjadi salah satu BUMDes terbaik se Kabupaten Karawang.

BUMDes yang bergerak dalam jenis usaha simpan pinjam, UEP penetasan telur, penyamakan kulit reftil, sewa sintok dan peternakan ini mendapat juara 2 lomba kinerja BUMDes tingkat Kabupaten Tahun 2020.

Kepala Desa Baturaden Rano Karno mengatakan ia merasa bangga dengan kinerja dan kekompakan BUMDes Cemerlang yang selalu berinovasi dalam mengembangkan usahanya lewat BUMDes.

“Alhamdulilah saya senang sekali, saya akan suport terus ide ide kreatif dari BUMDes Cemerlang, semoga kedepannya bisa juara di tingkat Provinsi bahkan hingga Nasional,”kata Rano, kepada Kabarsebelas.com, Selasa (13/10/2020).

Sementara itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Karawang mengumumkan juara lomba kinerja BUMDes Tingkat Kabupaten Tahun 2020.

Kepala DPMPD Karawang Agus Mulyana, SE.MM melalui Kabid PUEM, Agus Somantri mengatakan, juara pertama lomba itu adalah BUMDes Sejahtera Desa Kalijati Kecamatan Jatisari. BUMDes ini dengan jenis usaha simpan pinjam, warung sembako, isi ulang galon dan gas, usaha jasa pembayaran listrik dan pasar desa.

Kemudian juara kedua BUMDes Cemerlang Desa Baturaden Kecamatan Batujaya. Jenis usaha simpan pinjam, UEP penetas telur, penyamakan kulit reftil, sewa sintok dan peternakan.

“Sementara juara tiga BUMDes Warga Sejahtera Desa Wargasetra Kecamatan Tegalwaru. Jenis usaha kerjasama usaha, pertanian melalui gadai lahan sawah, PPOB listrik, koperasi simpan pinjam, pengelolaan air bersih, percetakan, pengelolaan sampah dan jasa penyewaan alat berat,” katanya, Senin (12/10/20) kemarin.

Agus mengatakan, pengumuman lomba BUMDes pada Kamis, 8 Oktober 2020 di Aula DPMPD. Pelaksanaan lomba dimulai sejak Agustus sampai September. Tiap kecamatan mengirimkan BUMDes terbaiknya untuk mewakili Kecamatan di tingkat Kabupaten.

Tim yang sudah ditunjuk Sekretaris Daerah meliputi dari DPMPD dan pendamping desa. Tim juri menilai kinerja BUMDes dari laporan adminisrasi serta proses pengelolaan.

“Setelah melaporkan adminisrasi, tim kroscek ke lokasi BUMDes. Yang dilaporkan sesuai atau tidaknya. Itu menjadi penilaian juri,” katanya.

Ia menambahkan, peserta yang mengikuti se Karawang diseleksi menjadi enam BUMDes. Selanjutnya diseleksi lagi menjadi tiga besar. Yang masuk tiga besar ada uang pembinaan dari dinas sebesar Rp5 juta bagi juara pertama, kedua Rp3 juta dan juara tiga Rp2 juta rupiah.

“Masing-masing diberikan tropi dan piagam penghargaan. Pengumuman juara ini harusnya dengan seremoni cukup ramai. Namun karena kondisi pademi covid-19 kita digelar sederhana saja,” ungkapnya.

Melalui lomba BUMDes dapat meningkatkan semangat lagi dalam pengelolaan usaha desa. Dua tahun sekali akan digelar kembali. Pihaknya memastikan juara tahun depan bisa berbeda dari tahun ini.

“Tiga besar juara BUMDes ini juara baru. Juara tahun lalu kesalip. Artinya perkembangan BUMDes ada peningkatan signifikan,” katanya.

Yang masuk tiga besar ini, Agus mengatakan agar siap-siap mengikuti lomba BUMDes tingkat provinsi. Satu diantara juara lomba akan mewaliki Karawang di tingkat provinsi Jawa Barat.

“Jika Tahun 2021 diadakan lomba tingkat provinsi Jabar, kita sudah punya BUMDes yang diikut sertakan lomba tersebut,” tambahnya.

Pihaknya juga berpesan terus melakukan pengembangan usaha desa. Bagi desa yang belum aktif BUMDes dapat di konsultasikan dengan dinas.

“Yang sudah ada BUMDes terus dikembangkan sebagai peningkatan perekonomian desa,” pungkasnya.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 comments

  1. Hello there, I found your blog by means of Google at the same time as looking for a comparable topic, your web site came up, it seems great. I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

News Feed