by

Dianggap Tidak Netral, Bawaslu Rekomendasikan ASN di Karawang ke KASN

-Politik-307 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang dianggap melakukan pelanggaran netralitas ASN pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karawang.

Dugaan pelanggaran ASN yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang sudah selesai ditangani Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karawang.

Hasilnya, seorang ASN itu terbukti melanggar netralitas. Kemudian Bawaslu Karawang merekomendasikan dugaan pelanggaran tersebut kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Kami telah menangani dugaan pelanggaran netralitas ASN serta aparat pemerintah desa terkait Pilkada Karawang,” kata Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu setempat Roni Rubiat Machri, Jumat (16/10/2020).

Perbuatan pelanggaran netralitas itu sendiri dilakukan dengan memposting ulang kegiatan pendaftaran salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati yang maju pada Pilkada Karawang.

“Kami sudah menyampaikan rekomendasi untuk ditangani KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara),” katanya.

Menurut dia, terkait dengan dugaan pelanggaran netralitas aparatur pemerintah desa, Bawaslu Karawang telah merekomendasikan kasus tersebut ke Pemkab Karawang.

“Dalam kasus ini yang terlibat ialah seorang Sekertaris dan kepala desa di Kecamatan Tegalwaru,” kata Roni.

Dugaan pelanggarannya itu sendiri berupa penyalahgunaan bantuan air bersih kepada masyarakat yang “menguntungkan” salah satu pasangan calon tertentu.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 comments

News Feed