by

KIPP Karawang Soroti Netralitas ASN di Pilkada Karawang 2020

-Politik-304 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 menjadi sorotan publik.

Seperti yang terjadi di Pilkada Karawang, netralitas ASN sering menjadi perbincangan publik. Godaan untuk terlibat dalam dukung-mendukung diperkirakan sedang terjadi secara personal.

Menilai hal tersebut Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Karawang, Viary Muchlas Mubarok menyampaikan, ada beberapa aspek yang perlu di soroti terkaitt netralitas ASN.

Pasalnya, Pilkada di karawang diikuti oleh peserta yang merupakan petahana, sumber daya birokrasi pemeritahan dan pemerintahan desa kerap dijadikan lembaga untuk memenangkan kepentigan politik dan kekuasaan.

Padahal sudah jelas tertuang dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, dalam Pasal 2 huruf f menyebutkan, penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan asas netralitas.

“Maka netralitas ASN merupakan prinsip, nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku yang tidak dapat dipisahkan dari ASN. Netralitas ASN merupakan jaminan bagi penyelenggaraan birokrasi yang kuat dan iklim demokrasi yang sehat dalam mewujudkan pemilihan umum langsung, umum, bebas, mandiri, jujur dan adil,”jelas Aden, sapaan akrab Viary Muchlas Mubarok, Rabu (5/11/2020).

Kemudian kata Aden, hal yang bisa menjadi penyebab ketidak netralan ASN karena ingin mencari keuntungan demi mendapatkan jabatan dan keistimewaan dari kontestan yang akan dimenangkan.

“Saya berharap ASN untuk tetap menjaga netralitasnya jangan karena kentalnya kultur patron-klien sehingga mencederai nilai demokrasi sendiri,”tukasnya.(red)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 comments

  1. Good day! I could have sworn I’ve visited this blog before
    but after looking at a few of the articles I realized it’s new to me.
    Anyhow, I’m definitely pleased I stumbled upon it and I’ll be
    bookmarking it and checking back often!

News Feed