by

Bantu Pemerintah, Intibios Lab Hadir di Karawang Atasi Keterbatasan Pemeriksaan Tes PCR

Karawang, Kabarsebelas.com – Keterbatasan laboratorium yang tidak seimbang dengan permintaan pengetesan membuat hasil PCR menjadi cukup lama waktunya.

Untuk mengatasi hal tersebut penggagas Intibios Lab, Enggartiasto Lukita, menjawab kebutuhan terhadap tes PCR yang terus mengalami peningkatan di tengah masa pandemi Covid-19.

Hadirnya intibios lab di Karawang, menurut Enggartiasto, diawali ketika ia mendengar berulang kali apa yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Maka dari itu hadirnya intibios lab nantikan akan membantu pemerintah untuk melakukan pemeriksaan tes PCR, dan intibios lab menjawab tantangan tersebut.

“Dengan adanya lab ini sangat membantu, itu yang kita maksimalkan,”kata Enggartiasto, pada saat pembukaan intibios lab di Karawang, Kamis 19/11/2020.

Nantinya kata Enggar, intibios lab di Kabupaten Karawang membantu masyarakat Dalam pengendalikan laju penyebaran Covid-19, tentunya diperlukan sejumlah langkah seperti tracing (pelacakan), tracking (penelusuran), dan testing (pengetesan). Dengan hadirnya Intibios Lab ini, maka proses tes PCR menjadi lebih cepat dan akurat.

Dalam sehari, untuk jumlah pengetesan di satu kota atau kabupaten, bisa lebih dari 400 test PCR. Namun ketika permintaan terus bertambah, maka pihaknya bisa mendatangkan mesin lainnya dalam memenuhi kebutuhan pengetesan.

Adanya Intibios Lab bisa membantu program pemerintah dalam penanganan Covid-19. Pihaknya sudah membuat 20 kontainer Intibios Lab, yang tersebar di beberapa daerah di Tanah Air.

“Kita sudah lakukan persiapannya untuk sejumlah daerah di Indonesia termasuk Jawa Barat, seperti Bogor, Bandung, Karawang, dan Cirebon,” sistem jemput bola akan digunakan dalam memermudah pelacakan dan penelusuran.

Sementara itu, penggagas Intibios Lab Karawang Sabil Akbar mengatakan, ditengah kondisi pandemi seperti saat ini, dilakukan dengan berbagai macam proses serta harus ada laporannya. Untuk itu penanganan Covid-19 tidak bisa hanya oleh pemerintah, tapi juga dibutuhkan pihak lainnya, termasuk swasta.

“Kita melihat bagaimana beban satu kota, misalnya Kota Bandung yang harus menerima juga dari luar. Maka dengan adanya Intibios lab ini sangat membantu warga Kabupten Kàrawang, untuk itu dari persiapan fasilitas kita maksimalkan,”katan Sabil.

Ditempat yang sama Sekertaris Daerah Kabupaten Karawang Acep Jamhuri, sangat berterimakasih dengan adanya intibios lab di Karawang. Tentunya kata ia sangat membantu sekali masyarakat Karawang. Apalagi lanjut Acep, Karawang hari ini masih dalam zona merah.

Kenpa penyebaran Covid-19 di Karawang sangat cepat padahal dengan segala cara Pemerintah sudah mencegahnya, karena kata ia Karawang ini daerah pembangunan dengan perkembangan yang sangat cepat.

“Proses penularan covid belakangan ini banyaknya dari cluster industri, kemudian muncul ke klaster keluarga. Kita kewalahan, sekarang saja kapasitas di rumah sakit sudah tidak tertampung sehingga kita sewa hotel untuk pasien covid-19. Tentunya dengan hadirnya Intibios lab tentunya sangat membantu pemerintah dalam pemeriksaan PCR dengan hasil yang cepat,”tukasnya.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed