by

Cegah Politik Uang, Bawaslu Karawang Akan Patroli Selama Masa Tenang

Karawang, Kabarsebelas.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karawang akan melakukan patroli anti politik uang atau money politik selama masa tenang pada 6 – 8 Desember Pada Pilkada 2020 di Karawang.

Komisioner Bawaslu Karawang, Suryana Hadi Wijaya mengatakan, patroli anti politik uang ini dilakukan oleh Bawaslu, Panwascam, panwas desa dan pengawas TPS.

“Patroli dilakukan disemua titik yang terindikasi dalam indeks kerawanan pemilu (IKP),” ujar Suryana, Minggu (6/12/2020)

Dikatakan, patroli dilakukan dengan cara mendatangi tempat-tempat yang dianggap rawan money politik seperti kantor kecamatan, kantor PPK, kantor desa, posko pemenangan masing-masing paslon dan pengecekan yang dijadikan TPS (tempat pemungutan suara).

“Patroli ini dilakukan dan bakal terus ditingkatkan hingga hari pemungutan suara,” katanya.

Tidak hanya Bawaslu Karawang, lanjut Suryana, pihaknya juga dibantu Bawaslu dari kabupaten lain yang tidak melaksanakan Pilkada untuk melakukan pengawasan money politik.

“Patroli pengawasan dilakukan untuk memastikan masa tenang bebas dari kegiatan politik atau kampanye dalam bentuk apapun yang berpotensi memengaruhi pemilih pada pemungutan suara di TPS (tempat pemungutan suara) nanti,” jelasnya.

Ia menambahkan, pada masa tenang, semua aktifitas kampanye sudah dihentikan. Jadi ketika masih ada kampanye itu merupakan sebuah pelanggaran. “Jika ada pelanggaran maka akan ditindak sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Ketika ditanya sudah ada temuan, Suryana menyatakan sudah ada satu temuan dugaan politik uang dan saat ini sedang diproses oleh Bawaslu melalui Gakumdu.

“Saat ini masih diproses, kalau sudah ada hasil klarifikasi bakal dirilis ke teman-teman media,” katanya.

Dikatakan juga, pihaknya juga melakukan pengawasan pada ASN dan PPS serta KPPS agar terciptanya pilkada yang sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita juga membuka ruang pelaporan dari masyarakat jika menemukan adanya dugaan pelanggaran dalam pilkada saat ini,” katanya.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments

  1. Undeniably believe that which you said. Your favorite reason appeared to be on the internet the simplest thing to be aware of. I say to you, I certainly get irked while people think about worries that they just do not know about. You managed to hit the nail upon the top as well as defined out the whole thing without having side-effects , people can take a signal. Will probably be back to get more. Thanks

  2. I do agree with all the ideas you have presented in your post. They’re really convincing and will certainly work. Still, the posts are very short for starters. Could you please extend them a bit from next time? Thanks for the post.

News Feed