by

Banjir di Karawang Sudah Mulai Surut, Warga Mulai Meninggalkan Posko Pengungsian

-Lainnya-59 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Banjir yang merendam 39 desa di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang sejak Minggu (07/02/2021) kemarin, kini sudah mulai surut. Salah satunya seperti di lokasi banjir yang ada di Kampung Jebug, Dusun Karang Mulya, Desa Kamurang, Kecamatan Tirtamulya, Karawang. Warga yang terdampak banjir mulai meninggalkan posko pengungsian di halaman Kantor Desa Kamurang.

“Baru boleh pulang ke rumah tadi pagi sama pihak desa,” ungkap salah seorang warga Desa Kamurang, Mulyadi (40) kepada wartawan disela-sela ia bersama istrinya membersihkan lumpur tanah pasca bencana banjir yang merendam rumahnya itu, Kamis (11/02/2021).

Banjir yang melanda tempat tinggalnya itu, kata Mulyadi, terjadi selama tiga hari sejak hari Minggu (07/02/2021) pagi hingga hari Selasa (09/02/2021) malam dengan ketinggian debit air mencapai 180 centimeter.

“Airnya mulai surut dari semalem dan banjir disini karena limpasan air dari aliran Sungai Cikaranggelam yang meluap sampai kesini,” katanya.

Kendati demikian, warga yang rumahnya terendam banjir, terpantau mulai membersihkan rumahnya dari timbunan lumpur dengan berbekal alat seadanya seperti lap pel, cangkul, sekop dan pompa air.

“Untuk barang-barang banyak yang gak sempat di selamatkan, malahan 2 televisi di rumah saya ini aja sampai hanyut terbawa arus banjir. Ya hanya sebagian barang saja yang bisa di selamatkan, itu juga di simpan di atas dipan (kasur kayu) dan di tumpuk ke atas,” jelasnya.

Sementara itu, nasib serupa juga di alami Komar (30). Diakuinya, warga di terdampak banjir di Desa Kamurang, saat ini sangat memerlukan air bersih dan pengobatan secara gratis.

“Alhamdullilah banyak pihak yang mengirimkan bantuan kesini untuk hari ini. Jujur saja, kami sangat memerlukan air bersih untuk keperluan mandi dan keperluan lainnya seperti pengobatan gratis karena badan kami terasa gatal-gatal,” pintanya.

Informasi yang dihimpun berdasarkan release Dinas Kominfo (Dsikominfo) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, banjir yang melanda 39 desa di 17 kecamatan di Karawang, membuat puluhan ribu warga terdampak banjir dan terpaksa harus mengungsi ke posko-posko pengungsian yang telah disediakan oleh Pemkab Karawang. (Not)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed