by

PT. Pegadaian Berikan Bantuan Logistik Untuk Korban Banjir Karawang

Karawang, Kabarsebelas.com – PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah (Kanwil) X Bandung melalui Cabang Cikampek menyerahkan bantuan logistik kepada masyarakat di Kampung Jebug, Dusun Karang Mulya, Desa Kamurang, Kecamatan Tirtamulya, Kabupaten Karawang, Jabar. Rupanya, bantuan logistik itu merupakan sebagai bentuk “Empaty” dan kepedulian perusahaan sebagai tanggap darurat bencana alam.

Dalam kesempatan itu, Pemimpin Pegadaian Kanwil X Bandung, Udin Salahudin melalui Pemimpin Pegadaian Cabang Cikampek, Isnaningsih menyampaikan, PT. Pegadaian akan selalu konsisten dalam memberikan bantuan kepada masyaràkat sekitar yang terdampak bencana.

“Penyaluran bantuan ini merupakan wujud komitmen Pegadaian sebagai BUMN untuk Indonesia yang terus memberikan manfaat melalui program bina lingkungan, seperti misalnya masyarakat yang terdampak bencana banjir di Jawa Barat khususnya Kabupaten Karawang ini,” ungkap Isnaningsih kepada wartawang, Kamis (11/02/2021).

Informasi yang dihimpun dari masyarakat sekitar, banjir yang merendam pemukiman di desa tersebut dengan ketinggian debit air hingga 180 centimeter, terjadi selama tiga hari sejak hari Minggu (07/02/2021) hingga hari Selasa (09/02/2021). Tak pelak, ratusan warga yang berada di desa itu terpaksa di evakuasi ke dataran tinggi menggunakan sejumlah getek (perahu kayu) milik warga.

“Masyarakat di Desa Kamurang merupakan salah satu desa yang terkena dampak banjir tahun ini di Kabupaten Karawang dan belum tersentuh bantuan, sehingga kami berinisiatif untuk memberikan bantuan ini kepada masyarakatnya,” ungkapnya.

Rombongan dari PT. Pegadaian (Persero) yang membawa bantuan logistik untuk masyarakat terdampak banjir di Desa Kamurang Kecamatan Tirtamulya, harus melalui medan yang sangat berat. Sebab dari pantauan di lokasi, sejumlah rombongan PT. Pegadaian (Persero) harus melintasi sebuah jembatan gantung yang kondisinya sangat memprihatinkan.

“Tidak mudah untuk sampai ke lokasi terdampak banjir disini, selain kondisi jalan yang berlumpur, juga kondisi jembatan gantung banyak kayu-kayu yang sudah rapuh bahkan bolong. Jadi kita benar-benar harus fokus untuk melakukan pijakan kaki saat melangkah melalui jembatan gantung ini, goncangan saat kami berjalan pun sangat dirasakan dan betul-betul harus memegang erat tiang besi di jembatan gantung ini ya,” ungkap Isnaningsih membagi pengalamannya mengunjungi lokasi terdampak banjir.

Sesampainya di lokasi terdampak banjir, kedatangan bantuan logistik yang dibawa oleh rombongan PT. Pagadaian Cabang Cikampek ke lokasi banjir di Tirtamulya, langsung diserbu oleh masyarakat sekitar yang terdampak banjir.

“Bantuan yang diberikan berupa sembako, obat-obatan, pakaian, selimut, karpet, tikar, susu, popok bayi, sabun mandi, perlengkapan alat kebersihan serta perlengkapan bagi balita dan wanita,” terangnya.

Masih dikatakan Isnaningsih, selain mengunjungi dan memberikan bantuan logistik kepada masyarakat sekitar Kecamatan Tirtamulnya, pihaknya juga berencana akan mengunjungi dan memberikan bantuan logistik kepada masyarakat Dawuan, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jabar.

“Rencananya kami akan ke Perumahan Bumi Mutiara Indah (BMI). Di Perumahan BMI Dawuan itu ada dua desa yang terdampak banjir, yakni Desa Dawuan Tengah sama Desa Dawuan Barat, Kecamatan Cikampek,” terangnya.

Selain itu, tambah Isnaningsih, PT. Pegadaian (Persero) juga akan menggandeng sejumlah tokoh masyarakat dan aktivis-aktivis lingkungan yang tergabung dalam Bank Sampah Latanza Cikampek untuk melakukan bersih-bersih rumah milik warga yang terdampak banjir di Perumahan BMI Dawuan.

“Kami akan memberikan bantuan perlengkapan alat kebersihan karena menurut informasi yang kami dapat, banjir di Perumahan BMI sudah mulai surut dan Insyaa Allah, kami (PT. Pegadaian Cabang Cikampek, red) bersama Bank Sampah Latanza Cikampek akan membantu masyarakat membersihkan rumah serta lingkungannya,” tambahnya. (Not)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed