by

Presiden Jokowi Tinjau Lumbung Pangan di NTT

Waibakul, Kabarsebelas.com – Presiden Republik Indonesia, Ir. Jokowidodo melakukan kunjungan kerja ke dua Kabupaten di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa (23/02/2021).

Dalam agenda kunjungannya tersebut Presiden meninjau Lumbung Pangan (Food Estate) di Kabupaten Sumba Tengah dan meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka.

Di Kabupaten Sumba Tengah orang nomor satu di Indonesia itu menyampaikan alasan mengapa memilih Sumba Tengah NTT sebagai tempat dibangunnya Lumbung Pangan.

Ia mengatakan Kabupaten Sumba Tengah masih tergolong miskin, persentasenya mencapai 34 persen sehingga Pemerintah Pusat bergerak cepat untuk meluncurkan program pangan di Kabupaten itu.

“Pasokan pangan di Sumba Tengah masih tergolong minim karena berdasarkan data yang Saya terima panen padi hanya dilakukan setahun sekali” ujar Jokowi yang disiarkan melalui youTube.

“Kita harus omong jujur apa adanya. Pa Gubernur, Pa Bupati data yang saya terima 34 persen kemiskinan ada disini” ujarnya lagi.

Jokowi menambahkan bahwa kedepan pihaknya berupaya mengolah lumbung pangan ini secara baik dan efektif agar setahun bisa sampai dua atau tiga kali panen, baik padi, jagung maupun kedelai.

“Nanti kedepan kita perluas lagi lumbung pangan ini hingga 10 ribu hektare dengan pembagian 5.600 hektare untuk padi dan 4.400 hektare untuk jagung” tuturnya.

Lebih lanjut mantan Wali Kota Solo itu mengungkapkan permasalahan yang terjadi di Sumba Tengah ini lebih kepada akses air sehingga serapan untuk sampai ke lumbung pangan juga agak susah walaupun disini sudah tersedia sumur bor dan embung besar.

“Itu juga belum cukup. Embungnya mesti diperbanyak lagi sehingga bisa memasok air kesitu. Saya minta Pa Bupati bersama Gubernur serta para Menteri terkait agar embung dan sumur bor ditambah lagi, bila perlu buat satu bendungan besar untuk pasokan air. Kalau ada kekurangan alsintan bisa berkordinasi dengan Kementerian Pertanian” kata Politisi PDI Perjuangan itu.(Berto)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 comments

  1. I’m very satisfied. I bought it for my mother. It’s natural to wear. Whether it’s the hair quality or the intranet, it’s really good. I’ll buy a longer one next time.

  2. Hey there! I’m at work surfing around your blog from my new iphone! Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to all your posts! Keep up the fantastic work!

  3. Thank you for the sensible critique. Me and my neighbor were just preparing to do some research about this. We got a grab a book from our local library but I think I learned more clear from this post. I am very glad to see such wonderful information being shared freely out there.

News Feed